Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

New York Punya Tengara Baru, Taman Pinggir Sungai Berbentuk Tulip

Kompas.com - 23/05/2021, 14:24 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah taman publik bernama Little Island yang berlokasi di 13th Street di Hudson River Park, New York, Amerika Serikat, telah dibuka pada Jumat (21/05/2021).

Tak seperti taman lain pada umumnya, taman atau ruang terbuka hijau (RTH) ini sangat unik karena dibangun di tepian sungai Kota Hudson sehingga terlihat seperti pulau kecil.

Melansir Littleisland.org, taman ini dibangun dan didanai oleh The Diller von Furstenberg Family Foundation.

Baca juga: Bendungan Kamijoro, Destinasi Wisata Baru yang Dilengkapi Taman 4 Hektar

Little Island dibuka saat Kota New York bersiap untuk musim panas dan akan menjadi tempat pertunjukan seni kota pada Juni 2021.

RTH ini akan menjadi tuan rumah bagi ratusan artis dan artis lokal, dan menawarkan program pelatihan gratis untuk pengunjung dari segala usia.

Ratusan jenis bunga dan tanaman 

Little Island memiliki lebih dari 350 jenis bunga, pohon dan yang lainnya. Di dalamnya juga terdapat amfiteater (The Amph) berkapasitas 687 kursi, dan alun-alun pusat dengan tempat duduk yang menyajikan makanan dan minuman (The Play Ground).

Kemudian panggung utama dan ruang halaman rumput (The Glade), serta pemandangan taman yang memesona, yakni cakrawala Kota New York, dan Sungai Hudson.

Ratusan jenis tanaman dan bunga menghiasai taman ini.Littleisland.org Ratusan jenis tanaman dan bunga menghiasai taman ini.
Little Island dirancang oleh Thomas Heatherwick dari Heatherwick Studio, dengan desain lanskap oleh Signe Nielsen dari MNLA.

President and Director Diller-von Furstenberg Family Foundation Barry Diller mengharapkan, Little Island akan menjadi oase yang unik bagi semua orang yang berkunjung.

"Tempat bermain, bersantai dan menikmati pemandangan, dan juga tempat untuk mencari berbagai hiburan dengan acara dan porgram menarik di dalamnya,” kata Barry.

Sementara itu, Pejabat Presiden dari Hudson River Park Noreen Doyle mengungkapkan terima kasihnya kepada The Diller von Furstenberg Family Foundation karena telah membangun taman di Sungai Hudson yang akan menjadi daya tarik bagi warga.

"Kami selamanya berterima kasih kepada Barry Diller dan Yayasan Keluarga Diller-von Furstenberg atas kontribusi luar biasa mereka untuk Taman Sungai Hudson dan Kota New York secara keseluruhan,” kata Noreen.

Lanskap Little Island

Desain lanskap Little Island ini dikerjakan oleh Signe Nielsen dari MNLA.

Signe mengatakan bahwa konsep desain lanskap taman ini memang dibuat dengan sangat unik.

Tujuannya adalah memberikan pengalaman yang bebreda kepada setiap orang yang datang dan mengunjungi tempat ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com