Bendungan Kamijoro, Destinasi Wisata Baru yang Dilengkapi Taman 4 Hektar

Kompas.com - 10/05/2021, 20:00 WIB
Bendungan Kamijoro. Dok. Kementerian PUPR.Bendungan Kamijoro.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain berfungsi sebagai tampungan air dan jaringan irigasi, Bendungan Kamijoro juga menjadi magnet baru pada destinasi pariwisata.

Bendungan yang berlokasi di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarya (DIY) ini dilengkapi taman sebagai ruang terbuka publik untuk memfasilitasi beragam aktivitas seperti bersantai, berolahraga, dan swafoto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terdapat jembatan yang melintasi aliran Kali Progo dan fasilitas publik seperti mushola dan toilet yang disiapkan untuk wisatawan.

Saat ini Bendung Kamijoro telah menjadi tujuan wisata bagi warga Bantul, Kulon Progo, Sleman, Gunung Kidul dan Kota Yogyakarta, serta luar pulau Jawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan bendungan akan berkontribusi besar dalam pembangunan negara, termsuk pariwisata.

Baca juga: Meski Terkendala Pembebasan Lahan dan Hujan, Bendungan Ciawi Tuntas Juli

"Sehingga, mampu membangkitkan destinasi wisata baru dan memicu pertumbuhan ekonomi lokal," ucap Basuki dikutip dari laman Kementerian PUPR, Senin (10/05/2021).

Selain itu, terdapat taman Bendungan Kamjoro yang dilengkapi dengan plaza terbuka seluas 40.000 meter persegi atau 4 hektar di sebelah barat bendungan.

Plaza terbuka itu dilengkapi tribun untuk duduk sambil menyaksikan pertunjukan, seperti fungsi amphitheatre (panggung di bawah penonton).

Sisi lain dari taman, terdapat shelter bertudung tenda raksasa yang dipakai pengunjung untuk berteduh.

Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Kamijoro di Kulon ProgoBiro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo Resmikan Bendungan Kamijoro di Kulon Progo
Tak jauh dari tenda, juga terdapat taman bermain bagi anak-anak seperti jungkat jungkit, ayunan, hingga perosotan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.