Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Integrasikan Layanan "e-Wallet", OYO Gandeng OVO dan GoPay

Kompas.com - 06/10/2020, 19:15 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - OYO Indonesia gandeng OVO dan GoPay untuk mengintegrasikan sistem pembayaran elektronik pada aplikasi OYO.

Selain mempermudah pembayaran dan proses pengembalian uang bagi tamu, layanan ini sekaligus memperkuat penerapan protokol kesehatan dalam ekosistem OYO melalui digitalisasi, sehingga mengurangi kontak fisik.

Country Head OYO Hotels and Home Indonesia Agus Hartono Wijaya mengatakan, integrasi fitur e-wallet ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan pelayanan bagi para tamu di Indonesia.

Layanan e-wallet ini bisa digunakan sebagai metode pembayaran serta pengajuan refund melalui aplikasi OYO.

"Setelah melakukan pencarian dan pemesanan hotel yang diinginkan pada aplikasi OYO, tamu akan diarahkan pada pemilihan metode pembayaran yaitu transfer bank, kartu debit/kredit, atau e-wallet," terang Agus dalam keterangan tertulis, Selasa (6/10/2020).

Baca juga: OYO Hadirkan Fitur Check In Tanpa Sentuh

Sementara untuk proses refund, tamu akan menerima konfirmasi melalui surat elektronik setelah pengajuan

Kemudian tamu dapat mengakses tautan yang ada pada surat elektronik untuk mengisi rincian pemesanan seperti booking id, email, dan nomor telepon.

"Tamu juga dapat memilih metode pembayaran melalui e-wallet ataupun transfer bank. Setelah mengisi data, OYO akan segera memproses permintaan tersebut," imbuh Agus.

Untuk diketahui, selama 6 bulan terakhir, hanya sekitar 2 persen dari total pelanggan OYO di Indonesia yang membuat permintaan pengembalian dana.

Saat ini OYO telah menyelesaikan lebih dari 99.4 persen permintaan pengembalian dana tersebut.

Hal ini berarti hanya terdapat sekitar 0,6 persen pelanggan yang mengalami penundaan pengembalian dana karena proses pengajuan nomor rekening e-wallet melalui link yang diberikan masih dalam proses.

Adapun beberapa hal yang menghambat proses pengembalian dana, seperti data pelanggan yang tercantum tidak akurat; email tidak lengkap, nomor telepon atau detail rekening bank yang diberikan tidak tepat.

Agus mengharapkan, melalui integrasi sistem pembayaran dengan e-wallet, OYO menargetkan proses pembayaran refund konsumen dapat dilakukan secara lebih mudah dan terselesaikan dalam jangka waktu paling lama satu minggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com