Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Garap Kompleks Olahraga Pacific Games 2023

Kompas.com - 30/09/2020, 14:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA secara resmi menggarap Multi Purpose Sport Complex di Kepulauan Solomon.

Penandatanganan kontrak yang dilaksanakan oleh Duta Besar Kepulauan Solomon untuk Indonesia Salana Kalu dan Direktur Operasi III WIKA Sugeng Rochadi.

Kompleks olahraga ini dibangun untuk penyelenggaraan turnamen antar-negara di kepulauan  Pasifik atau Pacific Games 2023.

Dengan kontrak design and build senilai Rp 112 miliar, kompleks olahraga ini menempati area seluas 5.800 meter persegi.

Konstruksi seluruh venue yang mencakup lapangan futsal, basket, dan voli, ditargetkan tuntas pada 31 Desember 2022.

Sugeng Rochadi mengatakan, proyek ini dibangun dengan standar kualitas gedung yang tahan terhadap kondisi alam dan cuaca seperti badai topan dan gempa bumi yang sering terjadi di kepulauan Pasifik.

Baca juga: Wika Pastikan Perbaikan RSKI Covid-19 Pulau Galang Tuntas Jumat Ini

Untuk itu, selain material yang diproduksi di Solomon, material tertentu akan didatangkan dari tiga negara yaitu Indonesia, Vietnam, dan China.

"Kami mengapresiasi kepercayaan dari Pemerintah Kepulauan Solomon. Proyek ini akan semakin memperkuat kerjasama yang baik antara Indonesia dengan Kepulauan Solomon," kata Sugeng dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

Kepercayaan ini sekaligus membuktikan bahwa Perseroan tetap mencatatkan kinerja positif di tengah Pandemi Covid-19 yang berdampak secara global.

Sugeng optimistis, masuknya WIKA di pasar konstruksi Kepulauan Solomon akan turut membawa pengaruh besar bagi bisnis induk usaha.

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk secara resma ditunjuk Oleh Pemerintahan Kepulauan Solomon untuk membangun Kompleks Olahraga Pacific Games 2023. Tampak gambar desain kompleks olahraga multipurpose.WIKA PT Wijaya Karya (Persero) Tbk secara resma ditunjuk Oleh Pemerintahan Kepulauan Solomon untuk membangun Kompleks Olahraga Pacific Games 2023. Tampak gambar desain kompleks olahraga multipurpose.
Masuk dalam tahap awal, produk-produk hemat energi seperti Solar Water Heater yang diproduksi oleh WIKA Industri Energi akan digunakan pada proyek ini.

Jika kelak tuntas, kompleks olahraga di Kepulauan Solomon ini menambah panjang rekam jejak WIKA di mancanegara.

Sebelumnya, perusahaan pelat merah ini telah mengerjakan sejumlah proyek besar di 10 negara yang tersebar di Asia, Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Sebut saja Station MRT Sanying di Taiwan, Limbang Bridge di Malaysia, Istana Presiden Republik Niger, dan Apartemen Sosial di Aljazair.

WIKA juga memiliki pengalaman panjang di sektor pembangunan kompleks olahraga. Pada penyelenggaraan Asian Games 2018, WIKA Group terlibat membangun berbagai venue andalan dan ikonik.

Di antaranya Jakarta International Velodrome, Jakarta International Equestrian Park, serta sejumlah venue di dalam kompleks Gelora Bung Karno, Senayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com