Banyak Kecelakaan, Pemerintah Akan Ikut Campur Awasi Proyek Infrastruktur

Kompas.com - 30/09/2020, 11:00 WIB
Ilustrasi konstruksi. RhumbixIlustrasi konstruksi.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Marga Utama Nusantara (MUN) melalui anak usaha PT Bintaro Serpong Damai Toll (BSD Toll) memulai pekerjaan tiga konstruksi sekaligus, Rabu (30/9/2020).

Tiga proyek tersebut adalah konstruksi tidak sebidang Ramp Junction Serpong dengan Exit Ramp Pamulang, konstruksi penanganan banjir KM 8, dan konstruksi tidak sebidang akses On Ramp Rawa Buntu pada jalan tol Ruas Pondok Aren-Serpong.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahardian menegaskan, pihaknya akan melakukan intervensi dan pengawasan secara ketat.

Kontrol ketat dan pengawasan langsung tersebut terutama dilakukan dalam memastikan kualitas konstruksi.

Baca juga: Proyek Tol Cibitung-Cilincing Dihentikan Sementara Pasca-kecelakaan Konstruksi

"Kami harus melakukan pengawasan langsung, dan ikut campur. Karena kualitas konstruksi proyek infrastruktur banyak dikeluhkan masyarakat, terutama pengguna jalan tol. Meskipun Badan Usaha Jalan tol (BUJT) sudah punya sistem dan quality control," kata Hedy.

Selain ikut campur dalam memastikan kualitas konstruksi, Bina Marga juga akan memastikan masalah keamanan dan keselamatan konstruksi. 

Hal ini menyusul banyaknya terjadi kecelakaan kerja yang menimpa tenaga konstruksi maupun warga.

Dia meminta PT BSD Toll memperhatikan aspek 3K (keamanan dan keselamatan kerja) dengan target zero fatalities dan zero accident.

Selain itu, pengawasan Bina Marga juga akan dilakukan pada masalah keamanan pengguna jalan tol eksisting.

"Traffic management harus sesuai standar agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas," imbuh Hedy. 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X