Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis Satu Bulan Lintasi Tol Sigli-Banda Aceh

Kompas.com - 25/08/2020, 15:58 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Ruas Indrapuri-Blang Bintang telah diresmikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Selasa (25/8/2020) siang.

Dengan demikian, jalan bebas hambatan yang membentang sepanjang 14 kilometer ini dapat dilintasi masyarakat. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 4 Ruas Indrapuri-Blang Bintang akan dioperasikan tanpa tarif selama satu bulan.

"Rencana kami bebas tarif satu bulan, sekaligus sosialisasi kepada masyarakat untuk dapat menggunakan tol ini. Setelah satu bulan, baru diberlakukan tarif," jelas Danang menjawab Kompas.com.

Menurut Danang, hingga saat ini besaran tarif sedang dalam proses finalisasi. Harapannya, dalam dua minggu Surat Keputusan (SK) Menteri PUPR terbit untuk kemudian ditetapkan pentarifan.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Pertama di Bumi Serambi Mekkah

Hal ini menyusul sejumlah perubahan lingkup, termasuk tambahan jalan akses yang harus diakomodasi dalam tarif.

Dalam Perjanjian Pengusahaan jalan Tol (PPJT), tarif yang diusulkan sebesar Rp 1.000 per kilometer. Namun karena terdapat fitur tambahan, besaran tarif pun akan mengalami perubahan.

PT Hutama Karya (Persero) sebagai pengembang jalan bebas hambatan ini juga masih menunggu keputusan BPJT Kementerian PUPR.

"Karena wewenang tarif dan masa sosialisasi di tangan regulator, BPJT Kementerian PUPR. Sampai saat ini belum diputuskan. Kami masih menunggu," kata Corporate Secretary Hutama Karya M Fauzan.

Tol Sigli-Banda Aceh merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Sumatera dan dirancang sepanjang 74 kilometer.

Terdiri dari enam seksi. Seksi 1 Padang Tiji-Seulimun (25 kilometer), Seksi 2 Seulimun-Jantho (6 kilometer), dan Seksi 3 Jantho-Indrapuri (16 kilometer).

Kemudian, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang (14 kilometer), Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro (8 kilometer), dan seksi 6 Kuto Baro-Baitussalam (5 kilometer).

Jika telah tersambung sepenuhnya, Tol Sigli-Banda Aceh akan membuka akses darat dari Kota Banda Aceh ke Kota Sigli maupun sebaliknya.

Tak hanya itu, keberadaan tol ini dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari sebelumnya 2-3 jam menjadi satu jam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com