Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutama Karya Bantah Karyawannya Terinfeksi Covid-19

Kompas.com - 17/05/2020, 10:45 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA , KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) membantah kabar salah satu karyawannya yang bertugas di ruas Jalan Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), terkonfirmasi positif Covid-19.

Kabar ini viral di media sosial dan sempat menjadi berita utama sejumlah media arus utama.

SEVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Tbk Muhammad Fauzan memastikan hingga saat ini tidak terdapat pegawai perusahaan yang terindikasi atau dikonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 di seluruh unit kerja maupun operasionalnya, termasuk di ruasTol Terpeka.

Baca juga: Siap Layani Lebaran, Hutama Karya Buka Jalur Tol Fungsional

Menurut Fauzan, pegawai yang dimaksud bekerja sebagai tim rescue Tol Terpeka di Gerbang Tol (GT) Simpang Pematang.

"Yang bersangkutan merupakan karyawan pihak ketiga dari PT Jasa Marga Tollroad Operator (JMTO) yang mengelola Tol Terpeka," jelas Fauzan kepada Kompas.com, MInggu (17/5/2020).

Fauzan mengatakan, kronologi kejadian tersebut berawal pada hari Senin (4/5/2020). Pegawai tersebut mengantar seorang pasien ke rumah sakit (RS) di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menggunakan kendaraan ambulans puskesmas setempat.

"Itu di luar jam kerja dan di luar lingkungan kerja," imbuh Fauzan.

Setelah mengantar pasien, tidak ada pengetesan apa pun terkait Covid-19, sehingga tidak ada status pasien dalam pengawasan (PDP) atau terkonfirmasi positif Covid-19 yang diberikan kepada yang bersangkutan.

Menurut Fauzan, pegawai tersebut juga tidak masuk kantor pada hari yang sama ketika mengantar pasien.

Dia kemudian menegaskan, Hutama Karya selalu menerapkan protokol tanggap darurat Covid-19 yang ketat di setiap ruas tol yang dikelola.

Termasuk melakukan tindakan preventif seperti himbauan mencuci tangan, pembagian handsanitizer dan masker, rutin melakukan penyemprotan disinfektan di setiap gerbang, dan tindakan lainnya sesuai dengan protokol Covid-19.

Manajemen Hutama Karya terus berupaya dan bekerja keras semaksimal mungkin dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dan berkomitmen untuk transparan dalam penyampaian perkembangan kasus Covid-19 di lingkungan perusahaan pada kesempatan pertama.

"Kami berharap kepada seluruh pihak untuk tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi perkembangan kasus Covid-19 serta tetap menerapkan protokol kesehatan dan selalu menjaga jarak aman," tuntas dia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com