Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu Ini, Kontrak Massal 1.300 Proyek Infrastruktur Ditandatangani

Kompas.com - 29/01/2020, 08:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan meresmikan Terowongan Nanjung, di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada Rabu (29/1/2020) pagi.

Selain meresmikan terowongan, Presiden juga dijadwalkan menyaksikan penandatanganan sekitar 1.300 kontrak paket pekerjaan di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, acara penandatanganan tersebut akan diwakili oleh 100 pihak yang terlibat. Kegiatan itu dilakukan guna merespons instruksi Presiden untuk melakukan lelang dini.

Baca juga: Rabu Pagi, Presiden Resmikan Terowongan Nanjung

"Presiden sudah perintahkan, tahun 2020 dilakukan lelang dini supaya sub kontrak tidak hanya pada pertengahan atau akhir tahun anggaran," kata Basuki usai melakukan inspeksi Terowongan Nanjung di Kabupaten Bandung, Selasa (28/1/2020).

Menurut Basuki, Daftar Isian Penggunaan Anggaran (DIPA) Kementerian PUPR tahun 2020 mencapai Rp 120 triliun.

Kementerian PUPR sendiri pada tahun ini memiliki sekitar 7.000 paket pekerjaan dengan nilai total sekitar Rp 80 triliun.

Adapun tender pengerjaan sudah dilakukan sejak 4 November 2019 sehingga sudah bisa mulai dikerjakan pada Bulan Januari 2020.

"Jadi sejak Januari sudah bisa mulai bekerja, sudah kerja menyerap DIPA yang ada," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com