Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala BPJN X Pastikan Info Jembatan Liliba Tak Bisa Dilewati Hoaks

Kompas.com - 26/11/2018, 19:30 WIB
Sigiranus Marutho Bere,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) X Kupang Nusa Tenggara Timur (NTT) Muktar Napitupulu, menanggapi beredarnya informasi mengenai Jembatan Liliba yang tak bisa dilintasi oleh warga Kota Kupang.

Menurut Muktar, informasi yang beredar melalui pesan nultimedia itu adalah tidak benar alias hoaks.

"Itu informasi hoaks dan tidak bisa dipertanggungjawabkan. Jembatan ini stabil dan normal," ucap Muktar kepada Kompas.com, di Kupang, Senin (26/11/2018).

Untuk memastikan informasi tersebut, Muktar langsung turun ke lokasi dan melihat kebenarannya.

Kedatangannya ke lokasi ditemani sejumlah staf BPJN X Kupang, serta Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana Panuntung Tarung Binti.

Muktar menjelaskan, goyangan yang terasa di Jembatan Liliba tersebut adalah hal biasa. Karena memang setiap jembatan selalu ada goyangannya.

"Ini karena aspek teknis. Sehingga wajar-wajar saja ada lendutan. Ada juga yang namanya getaran di jembatan, bisa 2-3 Hertz, itu tidak ada masalah," tambahnya.

Sebelumnya, beredar informasi, Jembatan Liliba tak bisa dilewati, karena pada Senin (26/11) subuh, ada sebuah kendaraan yang menabrak pembatas jalan yang jaraknya 100 kilometer dari jembatan itu.

"Jadi saya mau menekankan lagi bahwa tidak ada pengaruhnya sama sekali karena ada tabrakan subuh tadi lalu kemudian jembatan goyang dan tak bisa dilewati," ucapnya.

Muktar pun berharap, pengendara bermotor bisa terus melewati jembatan itu, dan tidak perlu terpancing dengan informasi yang beredar.

"Ini jembatan secara struktur masih belum terlalu tua yakni 26 tahun dan masih sangat layak. Kalau sudah sampai 50 tahun baru kami pikirkan duplikasinya," tambah Muktar.

Karena itu, Muktar mengimbau masyatakat agar tidak terpengaruh terhadap isu hoaks yang beredar.

Sementara itu, Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana Panuntung Tarung Binti mengatakan kejadian tabrakan kendaraan itu tak berpengaruh pada kekuatan jembatan.

"Di sini saya mau memastikan saja kepada masyarakat, isu hoaks yang berada tentang jembatan Liliba jangan dipercaya," ungkap Satrya seraya menambahkan jembatan masih aman untuk dilintasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com