Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejar Target, JMB Pasang Girder Jembatan Kauditan di Tol Manado-Bitung

Kompas.com - 09/11/2018, 16:01 WIB
Erwin Hutapea

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Manado Bitung (JMB) telah memulai pemasangan girder pada jembatan di Jalan Tol Manado-Bitung.

Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebagai pengelola tol tersebut memasang girder tepatnya di Jembatan Kauditan STA 19+775 Seksi 2A Airmadidi-Danowudu yang memiliki panjang 2 x 40,8 meter.

Sampai Jumat (9/11/2018), PT JMB telah memasang total 15 girder dari yang direncanakan 28 girder.

Menurut Direktur Utama PT JMB George IMP Manurung, pengerjaan Jembatan Kauditan harus selesai pada awal Desember nanti agar sesuai dengan rencana pembukaan jalan tol ini secara fungsional untuk kegiatan Natal dan Tahun Baru.

“Untuk itu, PT JMB sedang berupaya agar penyelesaian jembatan ini dapat selesai sesuai target,” ujar George IMP Manurung melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat.

Adapun ketiga jembatan lainnya, yaitu Jembatan Tendeki Sta 28+400, Jembatan Pinokalan Sta 29+750, dan Jembatan Tanah Adat Sta 30+500 yang termasuk dalam Seksi 2B Danowudu-Bitung, sudah masuk tahap konsultasi desain kepada Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ). 

Baca juga: Seksi 2A Tol Manado-Bitung Beroperasi Triwulan II-2019

 

Pemasangan girder pada Jembatan Kauditan di Jalan Tol Manado-Bitung.Dokumentasi PT Jasa Marga (Persero) Tbk Pemasangan girder pada Jembatan Kauditan di Jalan Tol Manado-Bitung.

George menambahkan, piihaknya mengharapkan proses konstruksi bisa segera dilaksanakan setelah terbitnya persetujuan KKJTJ.

Untuk diketahui, Jalan Tol Manado-Bitung akan dibangun sepanjang 39,9 kilometer dan terdiri dari empat seksi.

Seksi 1A Ring Road Manado-Sukur sepanjang 7,9 kilometer dan Seksi 1B Sukur-Airmadidi sepanjang 7 kilometer yang dikerjakan oleh pemerintah.

Kemudian, Seksi 2A Airmadidi-Danowudu sepanjang 11,5 kilometer dan 2B Danowudu-Bitung sepanjang 13,5 kilometer dikelola langsung oleh PT JMB.

Adapun progres konstruksi Jalan Tol Manado-Bitung untuk Seksi 2A saat ini mencapai 66,51 persen, sedangkan Seksi 2B baru 9,26 persen.

Mengenai pembebasan lahan, di Seksi 2A sudah mencapai 98,80 persen dan Seksi 2B sudah 72,50 persen. Sementara pada Simpang Susun Kauditan sudah mencapai 85,90 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com