Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini, Harga Apartemen Terkoneksi LRT Sentul Rp 380 Jutaan

Kompas.com - 30/08/2018, 16:00 WIB
Rosiana Haryanti,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Meski selama ini sisi selatan Jakarta kalah pamor dibanding sisi timur dan barat, namun jika ditilik dalam hal kualitas udara, sisi selatan Jakarta lebih unggul. Salah satu kawasan selatan adalah Sentul yang hanya berjarak 20 kilometer dari Jakarta.

"Sentul merupakan kawasan yang sedang tumbuh pesat dan menjadi favorit warga Jakarta Selatan, sama seperti Tangerang Selatan dulu menjadi tempat pergeseran masyarakat Jakarta Barat untuk tinggal," ucap Panangian Simanungkalit, Direktur Eksekutif Pusat Studi Properti Indonesia (PSPI) dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Kamis (30/8/2018).

Baca juga: Sentul City dan Sumitomo Bangun Apartemen Baru di Sentul City

Dia menambahkan, selain suasana alami dan asri, kawasan ini juga dikenal sebsgai daerah wisata. Properti di tempat ini juga menjadi instrumen investasi mengingat harganya terus mengalami kenaikan.

Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Sentul semakin berkembang dan menjadi pusat pertumbuhan properti baru.

Maket pembangunan LRT City-Royal Sentul Park.KOMPAS.com / DANI PRABOWO Maket pembangunan LRT City-Royal Sentul Park.
Melihat potensi ini, beberapa developer mulai bergerak mengembangkan Sentul. Satu di antaranya PT Adhi Commuter Properti. Anak usaha PT Adhi Karya (Persero) Tbk. ini mengembangkan LRT City Royal Sentul Park, di lahan dekat Sentul International Sirkuit.

Project Director LRT City Sentul Royal Sentul Park Nanang Safrudin Salim mengatakan proyek ini dikembangkan di lahan seluas 14,8 hektar dengan investasi sebesar Rp 7,5 triliun.

Rencananya, tempat ini juga akan dibangun 12 menara yang berfungsi sebagai apartemen, perkantoran, hotel, dan mal. Tak lupa area komersial dan fasilitas wisata juga akan melengkapi kawasan ini.

Ground breaking pertama telah dilakukan pada Juli 2017 dengan progres pembangunan mencapai 20 persen.

Menara pertama sudah terjual sebanyak 50 persen. Beberapa pilihan tipe tersedia seperti studio, 1BR serta 2BR.

Menurut Nanang, harga yang ditawarkan mulai Rp 380 juta-an atau telah mengalami kenaikan 35 persen dibandingkan harga perdana saat peluncuran.

"Tentu kenaikan harga ini menjadi bukti bahwa properti di Royal Sentul Park ini memberikan gain investasi yang menarik," ujar Nanang.

Sejumlah pengunjung sedang membeli jajanan Tahu Gejrot di pusat kuliner khas nusantara Padi Emas, Royal Sentul Park, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018). KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah Sejumlah pengunjung sedang membeli jajanan Tahu Gejrot di pusat kuliner khas nusantara Padi Emas, Royal Sentul Park, Bogor, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018).
Hingga kini, fasilitas penunjang seperti kawasan kuliner Padi Mas telah beroperasi dan menjadi ikon baru di Royal Sentul Park, dengan total 25 kios kuliner. Selain itu, Butterfly Garden yang berupa taman dan habitat kupu-kupu juga telah beroperasi.

Sesuai dengan rencana, serah terima menara pertama LRT City Royal Sentul Park akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Selanjutnya, ACP akan mengembangkan kawasan ini secara bertahap. Diperkirakan kawasan tahap 1 seluas 25.000 meter persegi akan selesai dibangun pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com