Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Tol Perdana di Serambi Mekkah Segera Dibangun

Kompas.com - 23/07/2018, 15:59 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan tol pertama di bumi Serambi Mekkah, Aceh, akan segera dibangun. Hal itu menyusul telah ditandatanganinya perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) ruas Sigli-Banda Aceh oleh PT Hutama Karya (Persero).

Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (23/7/2018), penandatanganan dilaksanakan pada Jumat (20/7/2018) lalu, oleh Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo dan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna.

Baca juga: Bangun Tol Terpanjang di Indonesia, HK Investasi Rp 80,4 Triliun

Penandatanganan ini merupakan tindak lanjut setelah terbitnya Surat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor JL.03.04-Mn/937 tanggal 18 Juli 2018 perihal Penetapan Rencana Usaha Pengusahaan Jalan Tol Sigli-Banda Aceh.

"Melalui penandatanganan PPJT ini, kami berharap dapat mempercepat proses pengerjaan pembangunan jalan tol," kata Bintang.

Secara keseluruhan, jalan bebas hambatan ini memiliki panjang 74 kilometer. Ada enam seksi di dalamnya yaitu Seksi Indrapuri-Blang Bintang (13 km), Seksi Blang Bintang-Kutobaro (8 km), dan Seksi Kutobaro-Simpang Baitussalam (5 km).

Kemudian, Seksi Padang Tiji-Seulimeum (26 km), Seksi Seulimeum-Jantho (6 km) dan Seksi Jantho-Indrapuri (16 km).

Total investasi yang ditanamkan Hutama Karya untuk menggarap tol ini senilai Rp 12 triliun, dengan porsi pembiayaan 85 persen bersumber dari ekuitas dan 15 persen sisanya pinjaman.

Sebelumnya, Hutama Karya berencana memulai pembangunan Tol Pekanbaru-Padang dalam waktu dekat. Pembangunan tersebut dilakukan menyusul telah ditandatanganinya PPJT pekan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com