Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bangun Tol Terpanjang di Indonesia, HK Investasi Rp 80,4 Triliun

Kompas.com - 19/07/2018, 17:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Tol Pekanbaru-Padang dipastikan bakal menelan investasi bernilai fantastis.

Pasalnya, panjang tol ini mencapai 254,8 kilometer, jarak tempuh yang sama bila menyusuri perjalanan dari Jakarta sampai Pejagan bila ditempuh via tol.

Jika kelak terbangun, bakal memecahkan rekor jalan tol terpanjang di Indonesia yang saat ini masih dipegang Tol Cipali (116,75 kilometer).

Baca juga: Tol Pekanbaru-Padang Segera Dibangun

Direktur Utama PT Hutama Karya (Persero) Bintang Perbowo mengatakan, jalan tol ini akan terbagi ke dalam 14 seksi, dengan investasi mencapai Rp 80,4 triliun.

"Pembagiannya Rp 4.735 miliar untuk Padang-Sicincin dan Rp 75.657 miliar untuk Sicincin-Pekanbaru," kata Bintang dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (19/7/2018).

Adapun 14 seksi yang dimaksud yakni Seksi 1-2 Pekanbaru-Bangkinan, Seksi 3-7 Bangkinang-Payakumbuh, Seksi 8-12 Payakumbuh-Sicincin, dan Seksi 13-14 Sicincin-Padang.

Untuk diketahui, HK sebelumnya telah menandatangani Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) ruas Pekanbaru-Padang, Selasa (17/7/2018) kemarin.

Penandatangan ini dilakukan untuk menindaklanjuti terbitnya Surat Menteri PUPR Nomor JL.03.04-Mn/913 tertanggal 11 Juli 2018 tentang Penetapan Rencana Usaha Pengusahaan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang-Payakumbuh-Bukittinggi-Padang Panjang-Lubuk Alung-Padang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com