Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Dibuka Fungsional, Ciawi ke Cigombong Cuma 20 Menit

Kompas.com - 07/06/2018, 20:08 WIB
Erwin Hutapea,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan bahwa Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 akan dibuka secara fungsional pada Jumat (8/6/2018).

Ini merupakan salah satu usaha menyiapkan infrastruktur jalan tol untuk membantu kelancaran para pengguna jalan dari Ciawi sampai ke Cigombong/Lido, termasuk untuk arus mudik tahun 2018 ini.

Pembangunan jalan tol tersebut diharapkan mempersingkat waktu tempuh dari Bogor ke Sukabumi.

Baca juga: Serunya Menjajal Jalur Mudik Tol Trans Jawa

Kapolres Bogor AKBP Andy M Dicky mengatakan, dengan dibukanya ruas tol Seksi 1 ini, waktu perjalanan dari Ciawi ke Cigombong bisa ditempuh sekitar 20 menit.

"Biasanya Ciawi ke Cigombong bisa satu jam, sekarang 15 sampai 20 menitan saja," ujar AKBP Andy M Dicky saat ditemui di ruas tol Seksi 1, Kamis (7/6/2018).

Sebelum dibukanya ruas tol ini, imbuhnya, perjalanan dari Ciawi atau Bogor memakan waktu hingga tiga jam dan dari Ciawi ke Cigombong bisa satu jam.

Seperti diberitakan sebelumnya, ruas tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Ciawi-Cigombong/Lido akan dibuka oleh kepolisian pada Jumat (8/6/2018) seusai shalat Jumat.

Baca juga: Besok, Ke Sukabumi Bisa Mudik Lewat Tol

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, pengerjaan Seksi 1 ini sudah rampung dan tinggal penyelesaian fasilitas tambahan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (rompi kuning) saat meninjau ruas tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1, Kamis (7/6/2018).Erwin Hutapea/Kompas.com Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (rompi kuning) saat meninjau ruas tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1, Kamis (7/6/2018).
"Seksi 1 ini panjangnya sekitar 15 km, jalannya sudah jadi, tinggal aksesori saja. Akan dibuka fungsional setelah Jumatan besok oleh kepolisian," ucap Basuki Hadimuljono di lokasi, Kamis (7/6/2018).

Dia melanjutkan, sebelumnya pihak Korlantas Polri sudah mengecek ke lokasi dan dinyatakan bahwa ruas tol ini sudah laik fungsi.

Jalan tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 panjangnya 15 kilometer dan dikerjakan oleh kontraktor PT Trans Jabar Tol, anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Setelah Seksi 1 ini, nantinya diteruskan pengerjaan Seksi 2 sampai ke Cibadak sekitar 11 kilometer, kemudian dilanjutkan ke Ciranjang.

Menurut Basuki, pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi-Ciranjang yang panjang totalnya mencapai 78 kilometer menelan dana lebih kurang Rp 15 triliun.

 

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com