Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tol Dibuka Fungsional, Ciawi ke Cigombong Cuma 20 Menit

Ini merupakan salah satu usaha menyiapkan infrastruktur jalan tol untuk membantu kelancaran para pengguna jalan dari Ciawi sampai ke Cigombong/Lido, termasuk untuk arus mudik tahun 2018 ini.

Pembangunan jalan tol tersebut diharapkan mempersingkat waktu tempuh dari Bogor ke Sukabumi.

Kapolres Bogor AKBP Andy M Dicky mengatakan, dengan dibukanya ruas tol Seksi 1 ini, waktu perjalanan dari Ciawi ke Cigombong bisa ditempuh sekitar 20 menit.

"Biasanya Ciawi ke Cigombong bisa satu jam, sekarang 15 sampai 20 menitan saja," ujar AKBP Andy M Dicky saat ditemui di ruas tol Seksi 1, Kamis (7/6/2018).

Sebelum dibukanya ruas tol ini, imbuhnya, perjalanan dari Ciawi atau Bogor memakan waktu hingga tiga jam dan dari Ciawi ke Cigombong bisa satu jam.

Seperti diberitakan sebelumnya, ruas tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 Ciawi-Cigombong/Lido akan dibuka oleh kepolisian pada Jumat (8/6/2018) seusai shalat Jumat.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menuturkan, pengerjaan Seksi 1 ini sudah rampung dan tinggal penyelesaian fasilitas tambahan.

Dia melanjutkan, sebelumnya pihak Korlantas Polri sudah mengecek ke lokasi dan dinyatakan bahwa ruas tol ini sudah laik fungsi.

Jalan tol Ciawi-Sukabumi Seksi 1 panjangnya 15 kilometer dan dikerjakan oleh kontraktor PT Trans Jabar Tol, anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Setelah Seksi 1 ini, nantinya diteruskan pengerjaan Seksi 2 sampai ke Cibadak sekitar 11 kilometer, kemudian dilanjutkan ke Ciranjang.

Menurut Basuki, pembangunan jalan tol Ciawi-Sukabumi-Ciranjang yang panjang totalnya mencapai 78 kilometer menelan dana lebih kurang Rp 15 triliun.

Saksikan video reportase perjalanan mudik Tim Merapah Trans Jawa:

https://properti.kompas.com/read/2018/06/07/200839621/tol-dibuka-fungsional-ciawi-ke-cigombong-cuma-20-menit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke