Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

70 Pekerja China Garap Terowongan Tol Cisumdawu

Kompas.com - 27/04/2018, 12:00 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar 70 tenaga kerja asing asal China turut menggarap proyek Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang kini tengah dikerjakan oleh pemerintah.

Mereka bekerja terutama untuk menggarap terowongan Tol Cisumdawu yang berada di Seksi II Ranca Kalong-Sumedang.

Baca juga : Basuki Targetkan Terowongan Tol Cisumdawu Rampung Agustus 2018

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran TKA China ini sejalan dengan pinjaman yang dilakukan pemerintah kepada Pemerintah China. Namun, ia memastikan para pekerja asing tersebut bukanlah pekerja kasar.

“Itu levelnya skilled labour. Ada yang bekerja untuk teknologi, safety engineer,” kata Basuki saat meninjau lokasi, Kamis (26/4/2018).

Untuk diketahui, dari enam seksi Tol Cisumdawu, Seksi I dan II digarap pemerintah dengan menggunakan anggaran yang berasal dari pinjaman Pemerintah China. Secara keseluruhan pinjaman untuk kedua seksi itu mencapai Rp 5,7 triliun.

Basuki menuturkan, para pekerja asing itu hanya akan menggarap proyek terowongan saja yang memiliki panjang 472 meter dengan diameter 14 meter. Sementara untuk pekerjaan konstruksi jalan tetap menggunakan tenaga lokal.

“Kalau jalan Indonesia semua,” kata dia.

Isu tenaga kerja asing yang membanjiri Indonesia kembali mencuat setelah Ombudsman Republik Indonesia merilis hasil investigasi mereka di Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Sumatera Utara, dan Kepulauan Riau.

Dari hasil investigasi diketahui banyak TKA yang menjadi buruh kasar hingga sopir. Ada juga TKA yang bekerja tanpa izin. Mereka memanfaatkan kebijakan bebas visa untuk bisa masuk ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com