Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 72 Tahun Rusak Parah, Jalan di Kendal Ini Akhirnya Diperbaiki

Kompas.com - 24/01/2018, 20:30 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Bupati Kendal Mirna Anissa meninjau Jalan Sojomerto Gemuh yang baru selesai diperbaiki dan dibeton. Jalan sepanjang 3,175 kilometer itu dibangun menggunakan APBD Kendal tahun 2017, senilai Rp 6 miliar.

Mirna mengatakan Jalan Sojomerto akan disambung hingga ke Curug Sewu. Namun, realisasinya tidak dalam waktu dekat. Pasalnya, masih ada beberapa jalan lain yang masih rusak, dan mendesak diperbaiki.

“Di sini, kita pikirkan dulu penerangan jalannya. Sebab daerah lain juga ada yang memerlukan pembangunan jalan,” kata Mirna, di Kendal, Rabu (24/1/2018).

Mirna berharap, dengan dibetonnya Jalan Sojomerto, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Hasil tani bisa diangkut dengan menggunakan kendaraan.

Pada kesempatan yang sama, Camat Gemuh Kendal Fathoni menjelaskan Jalan Sojomerto adalah jalan kabupaten yang menggubungkan beberapa kecamatan.

Menurut Fathoni, sejak jalan tersebut dibangun sekitar 72 tahun lalu atau tahun 1945, belum pernah diperbaiki, diaspal, atau pun dibeton. Kondisinya rusak parah dan dibiarkan selama puluhan tahun.

“Baru kali ini dibangun bagus oleh Pemerintah Kabupaten Kendal. Masyarakat sini seperti bermimpi, bisa mempunyai jalan bagus,” kata Fathoni.

Jalan Sojomerto bisa digunakan sebagai akses menuju tempat wisata Curug Sewu Patean Kendal. Namun masih ada sekitar 4 kilometer yang belum dibeton, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan roda empat.

“Kalau semuanya sudah baik, mau ke Kabupaten Temanggung juga bisa lewat sini,” tambah Fathoni.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com