Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Perbaikan Jalan, Warga Ingin Jokowi Kembali Kunjungi Kendal

Kompas.com - 16/01/2018, 14:30 WIB
Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KompasProperti - Kondisinya Jalan Kyai Haji Hasyim Asyari Kaliwungu di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, seperti danau. Air yang lama menggenang di jalan berlubang karena hujan, belum juga surut.

Tentu saja hal ini mengakibatkan pengguna sepeda ontel, atau kendaraan roda dua, banyak yang memilih memutar lewat kampung daripada nekat menerjang jalan berair itu.

Namun begitu, ada juga yang berani melewati jalan tersebut, meski dengan cara melipir. Seperti yang dilakukan oleh Any Faiqoh, wàrga Kaliwungu Selatan, Selasa (16/1).

Menurut pengakuan Any, ia pernah terperosok ketika mau pulang melewati jalan itu.

“Celana saya basah semua, karena terperosok. Beruntung saya tidak jatuh,” kata Any.

Any menambahkan, Jalan Kyai Haji Hasyim Asyari, terutama yang ada di tikungan menuju arah jalan alternatif Kendal-Ungaran dan Semarang, sering rusak.

Padahal akses tersebut sudah kerap diperbaiki. Termasuk ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, berkunjung ke Kaliwungu.

“Saya jadi ingin pak presiden dan gubernur kembali datang ke sini. Biar jalannya di perbaiki lagi,” ujar Any.

Senada dengan Any, warga Kendal yang lain, Rajiman, berharap ada lagi kunjungan presiden atau gubernur ke Kaliwungu, sehingga jalan dengan cepat diperbaiki.

Menurut Rajiman, Jalan Kyai Haji Hasyim Asyari menuju pasar Gladak, terutama yang ada di tikungan, kerusakannya sangat parah.

“Di pertigaan jalan, seperti danau. Airnya hampir tidak pernah surut. Di beberapa titik, lubangnya besar-besar. Membahayakan pengguna jalan," akunya.

Rajiman menambahkan, rusaknya jalan ini karena sering dilewati truk dam bermuatan tanah galian C. Selain itu, drainasenya juga tidak lancar.

“Kondisi jalan juga lebih rendah kalau dibanding sungai," cetusnya.

Terkait dengan hal itu, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kendal, Sugiono, mengatakan tahun ini Jalan Kyai Haji Hasyim Asyari akan diperbaiki. Anggaran untuk perbaikan jalan diambil dari APBD Kendal.

“Besarannya saya lupa. Tapi jalan itu, menjadi prioritas untuk diperbaiki,“ kata Giono.

Selain Jalan Kyai Haji Hasyim Asyari, jalan lain yang akan diperbaiki di antaranya adalah jalan tembus Weleri, Gemuh, Pegandon, Dampel hingga Kaliwungu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com