Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Aroma Sakura Makin Menggoda di Selatan Jakarta

Kompas.com - 01/12/2017, 14:58 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Kawasan selatan Jakarta, khususnya BSD City, makin dilirik raksasa-raksasa Jepang.

Dalam catatan KompasProperti, setidaknya ada tiga perusahaan Negeri Sakura ini yang mengadu peruntungan di kota baru tersebut. Mereka adalah AEON Co Ltd, Tokyu Land, dan Mitsubishi Corporation.

Mengapa mereka pilih BSD City? Jawabannya seragam. Mereka mengatakan kawasan ini sangat strategis, diapit oleh infrastruktur berbasis jalan, dan rel, serta dilengkapi berbagai macam fasilitas penunjang.

Baca juga : BSD City Masih Jadi Pilihan Utama Pencari Rumah

Sebut saja, fasilitas pendidikan, kesehatan, olahraga, komersial, pusat belanja, perkantoran, hingga digital hub.

BSD City dengan berbagai rencana pembangunan infrastrukturnya seperti Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta, Jalan Tol Serpong-Balaraja, dan kereta Serpong-Bandara Internasional Soekarno-Hatta, senantiasa menjadi pilihan pertama para pencari rumah dari berbagai kawasan Jadebotabek.

GM ASEAN Real Estate Development Department Mitsubishi Corporation Hidetoshi Suzuki ketiga dari kanan ditemani Vice Presiden PT BSD Diamond Development Denny Ponomban, keempat dari kanan, menyaksikan maket The Zora, di BSD City, Selasa (28/11/2017).Hilda B Alexander GM ASEAN Real Estate Development Department Mitsubishi Corporation Hidetoshi Suzuki ketiga dari kanan ditemani Vice Presiden PT BSD Diamond Development Denny Ponomban, keempat dari kanan, menyaksikan maket The Zora, di BSD City, Selasa (28/11/2017).
Karena itu, meski ekonomi sedang mengalami perlambatan, ketiga perusahaan Jepang tersebut tetap percaya diri menanamkan investasi di BSD City.

"Bisnis properti bukan bicara tentang satu, dua, atau tiga tahun. Tapi ini lima hingga sepuluh tahun ke depan".

General Manager ASEAN Real Estate Development Department Mitsubishi Corporation Hidetoshi Suzuki membuka percakapan dengan KompasProperti, usai pembukaan galeri pemasaran The Zora, di BSD City, Selasa (28/11/2017). 

Baca juga : Mitsubishi Garap Pasar Rumah Premium di BSD City

Hidetoshi percaya, Indonesia akan bangkit. Dengan populasi lebih dari 250 juta jiwa, negeri ini merupakan pasar terbesar di Asia Tenggara. 

"Kebutuhan rumah akan selalu ada, dan terus meningkat dari tahun ke tahun," kata dia.

BRANZ BSD branzbsd BRANZ BSD
Bahkan, Mitsubishi Corporation mengalokasikan 100 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 1,3 triliun untuk pengembangan bisnis properti di Indonesia.

Angka ini, aku Hidetoshi, merupakan proporsi 50 persen dari total investasi di Asia Tenggara. Jauh lebih besar ketimbang investasi properti mereka di Vietnam, Thailand, Myanmar atau Filipina. 

Ceruk pasar yang dibidik Mitsubishi adalah kalangan atas Selatan jakarta dan BSD City yang tidak sensitif terhadap angka dan harga. 

Jadi, kendati saat ini kelas atas masih melakukan aksi wait and see, namun perilaku belanja properti mereka akan berubah sekejap ketika ditawari produk yang berkualitas dengan harga tepat.

"Kelas atas di kawasan BSD City ini sangat banyak. Produk-produk Sinarmas Land yang diperuntukan bagi kelas atas, sangat laris. Demikian pula dengan Branz BSD yang kami kembangkan bersama Tokyu Land," tutur Mitsubishi Corporation Indonesia Representative Kenji Shimazaki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com