Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produsen Semen Instan Asal Perancis Ekspansi ke Medan

Kompas.com - 31/10/2017, 19:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KompasProperti - Pemimpin industri material dan konstruksi asal Perancis Saint-Gobain Group melalui PT Cipta Mortar Utama membuka pabrik ketiganya di Indonesia, di Kawasan Industri Medan 3 (KIM 3), Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara.

Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi meresmikan pabrik mortar (adukan semen) instan ini, didampingi Javier Gimeno sebagai General Delegate Chairman Saint-Gobain Asia-Pacific, CEO Construction Product South East Asia Saint Gobain, Nicolas Godet, dan Jose Martos, Presiden Direktur PT Cipta Mortar Utama.

Staf khusus Menteri Perindustrian Happy Bone Zulkarnain pun turut hadir dalam peresmian pabrik Mortar pertama dan satu-satunya di Sumatera.

Pabrik ini berdiri di atas lahan seluas satu hektar lebih dengan kapasitas produksi 170.000 ton per tahun segera beroperasi di 2017 ini.

Pada 2008, PT Cipta Mortar Utama membuka pabrik keduanya di Kawasan Industri Gresik (KI G) – Surabaya.

Juni 2011, Saint-Gobain Group masuk dalam kepemilikan saham PT Cipta Mortar Utama melalui anak perusahaan mereka, Saint-Gobain Weber.

Weber sendiri adalah perusahaan internasional yang memiliki rangkaian solusi lengkap untuk bangunan, konstruksi dan renovasi dengan sejarah sepanjang satu abad berdiri di Perancis.

Pada 1996, Weber bergabung dengan grup Saint-Gobain sehingga menjadi Saint-Gobain Weber.

Ilustrasi semen
www.shutterstock.com Ilustrasi semen
Selain ingin mendekatkan diri dengan konsumen dan mendukung pembangunan di Sumatera, PT Cipta Mortar Utama juga terus meningkatkan kapasitas produksinya dan berencana membangun pabrik baru di beberapa lokasi hingga 2020 mendatang.

"Ini menjadi salah satu indikasi bahwa Indonesia adalah negara yang menjanjikan untuk investasi, serta pasar yang sangat potensial," kata Happy di Medan, Selasa (31/10/2017).

Dia menuturkan, PT Cipta Mortar Utama adalah perusahaan mortar terbesar yang berdiri pada 1996 dengan memproduksi mortar instan bernama Mortar Utama Weber (MU-Weber).

Menggunakan teknologi modern, mortar instan MU-Weber diklaim praktis, efisien dan menghasilkan pekerjaan bangunan yang berkualitas.

"MU Weber siap mendukung semua pembangunan infrastruktur dan memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat dengan menyediakan mortar bermutu terbaik," ucapnya.

Javier Gimeno menyambung dengan menyebutkan, saat ini pembangunan di Indonesia terjadi di mana-mana dan dirinya optimistis mortar turut berkembang dan berjalan dalam pertumbuhan pembangunan.

“Sumatera adalah salah satu wilayah di Indonesia yang berkembang sangat cepat. Saint Gobain melihat peluang itu dan memutuskan untuk membangun fasilitas produksinya di sini," ucapnya.

Berbeda dengan semen konvensional umumnya, imbuh Javier, MU-Weber adalah mortar instan berbahan dasar pasir, semen, filler (bahan pengisi) dan aditif yang berfungsi sebagai solusi pekerjaan lebih spesifik, mulai dari solusi dinding, solusi perekat keramik, solusi lantai serta solusi khusus dan perbaikan.

Sementara Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi menyambut baik investasi yang dilakukan Saint-Gobain.

“Saya berterima kasih Saint-Gobain memilih Sumatera Utara menjadi lokasi ekspansi bisnisnya. Artinya wilayah ini memiliki potensi daya alam yang menunjang pertumbuhan berbagai industri,” tuntas Erry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com