Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasokan Semen Berlebih, Holcim Rugi Rp 647 Miliar

Kompas.com - 31/10/2017, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - PT Holcim Indonesia Tbk terdampak kondisi kelebihan pasokan semen nasional.

Pada periode Januari-September 2017, Holcim mengalami penurunan penjualan sebesar 0,4 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Meskipun volume penjualan semen naik 5,6 persen menjadi 7 juta ton, namun kondisi pasokan berlebih memberikan tekanan pada harga di pasar.

"Terlepas dari upaya-upaya efisiensi yang terus dilakukan oleh perusahaan, kondisi pasar berdampak pada kerugian senilai Rp 647 miliar," ujar Presiden Direktur PT Holcim Indonesia Tbk Gary Schutz melalui keterangan tertulis yang diterima KompasPropertiSelasa (31/10/2017).

Selama 9 bulan ini, Holcim membukukan penjualan Rp 6,88 triliun dan laba kotor Rp 1,034 triliun.

Sementara untuk kerugian operasional, Holcim harus menanggung biaya sebesar Rp 103 miliar.

Setelah Lebaran atau pada Juli, sektor konstruksi dan infrastruktur mulai mengalami peningkatan seiring dengan percepatan realisasi belanja Pemerintah untuk pembangunan jalan tol, jembatan, bendungan dan pembangkit listrik.

Pembangunan tersebut telah mendorong pertumbuhan konsumsi semen yang mencapai 47 juta ton hingga akhir September 2017.

"Kami mengapresiasi langkah Pemerintah dalam percepatan pembangunan yang dilakukan di seluruh Indonesia," kata Gary.

Pembangunan ini, menurut dia, akan menciptakan peluang untuk meningkatkan perekonomian lebih lanjut.

Holcim pun siap untuk menjadi bagian dari solusi pembangunan tersebut, khususnya proyek-proyek besar serta pembangunan infrastruktur dan perumahan.

Prospek bisnis

Peluang pasar tidak hanya diciptakan oleh Pemerintah, namun juga sektor swasta dimana pulihnya perekonomian dapat meningkatkan daya beli masyarakat, dan kepercayaan pebisnis kedepan.

Semester pertama tahun ini menunjukkan kondisi stagnan dan peningkatan baru terlihat pada kuartal ketiga tahun ini.

Ke depan, pertumbuhan penjualan semen diharapkan akan semakin menguat seiring pembangunan yang berjalan, walaupun pasar masih akan mengalami kelebihan pasokan.

Dalam rangka menghadapi perubahan tren bisnis dan global, Holcim Indonesia berupaya untuk menjangkau kebutuhan serta lebih mendekatkan diri kepada pelanggan dengan mengoptimalkan fasilitas online dan jejaring sosial.

Pada Mei 2017, Holcim Indonesia menggandeng CIMB Niaga untuk memfasilitasi pembayaran transaksi pembelian produk dan solusi Holcim melalui aplikasi penjualan daring Solusi RumahKu untuk pengguna Android.

Saat ini layanan aplikasi Solusi RumahKu baru tersedia bagi pelanggan di wilayah Jabodetabek dan secara bertahap akan dikembangkan untuk mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com