Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggunaan Solar Panel Bisa Hemat Energi Listrik 10 Persen

Kompas.com - 29/09/2017, 15:39 WIB
Dani Prabowo,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KompasProperti - Pengembang Aeon Mall Jakarta Garden City (JGC) mengaplikasikan teknologi panel surya, sebagai sumber energi listrik yang digunakan untuk mengoperasikan pusat perbelanjaan yang berada di wilayah Cakung, Jakarta Timur itu.

Manager AEON Mall Co. Ltd. Shim Hyungshik menjelaskan, teknologi solar photovoltaic rooftop itu dipasang pada atap mal. Panel solar ini dilengkapi dengan battery storage yang disebut mampu menghasilkan daya hingga 500 kilowatt.

"Penggunaan teknologi tersebut mampu menghemat antara 5 sampai 10 persen konsumsi energi listrik," kata Hyungshik di Aeon Mall JGC, Jumat (29/9/2017).

Hyungshik menjabarkan, penghematan energi bukanlah satu-satunya tujuan utama. Namun, peran aktif pengusaha dalam mendukung isu energi bersih dan terbarukan, juga menjadi tujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

"Pada saatnya nanti, implementasi Solar PV Rooftop ini bukan hanya menjadi tren, tetapi menjadi kebutuhan bagi peningkatan efisiensi energi dari mal atau pusat perbelanjaan," harap Hyungshik.

Untuk sementara, energi yang dihasilkan dari panel surya tersebut dimanfaatkan untuk menyalakan lampu di Aeon Mall JGC.

Dalam menghemat penggunaan energi, ia meminta para pemilik usaha yang membuka toko di Aeon Mall dapat mendukung langkah pengelola.

"Kami selalu mendorong para peritel untuk menghemat penggunaan energi listrik, misalnya dengan menggunakan lampu LED," kata dia.

Sementara itu, langkah Aeon Mall JGC dalam memanfaatkan energi terbarukan didukung pemerintah. Bahkan, penggunaan energi panel surya diharapkan dapat diterapkan pada bangunan komersial lainnya di Indonesia.

"Mengingat di Indonesia memiliki potensi energi surya yang cukup besar, namun belum dimanfaatkan," ujar Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rizal Edwin Manansang.

Rizal mengatakan, ini merupakan salah satu yang pertama dilakukan pada mal dan pusat perbelanjaan di Indonesia.

"Pada masa mendatang, proyek ini diharapkan menjadi contoh nyata bagi pengurangan emisi dari penggunaan energi terbarukan," tuntas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com