Jelang Penerapan Transaksi Non Tunai, Stok Kartu Tol Elektronik Minim

Kompas.com - 29/09/2017, 12:00 WIB
|
EditorHilda B Alexander

SALATIGA, KompasProperti - Dua pekan menjelang penerapan bertahap transaksi non tunai di ruas Tol Semarang-Salatiga 15 Oktober mendatang, antusiasme masyarakat untuk memiliki kartu tol elektronik cukup tinggi.

General Manager Teknik dan Operasional PT Trans Marga Jateng (TMJ), Prajudi mengatakan, berdasarkan laporan di lapangan, banyak pengguna jalan yang ingin membeli kartu tol elektronik yang saat ini sudah gencar ditawarkan di gerbang tol (GT).

"Namun yang jadi soal stoknya masih terbatas. Banyak yang berminat membeli tetapi mereka sering kehabisan. Sampai saat ini masih banyak yang belum punya kartu tol elektronik," kata Parjudi, Jumat (29/9/2017.

Baca: Transaksi Non Tunai Tol Semarang-Solo Mulai 15 Oktober 2017

Menurut Prajudi, penerbitan kartu tol elektronik ini adalah pihak vendor. Pemberlakuan 100 persen non tunai pada 31 Oktober mendatang sangat tergantung pada kesiapan masing- masing vendor tersebut.

"Kami berharap pada akhir Oktober tersebut sudah aiap," sebut Prajudi.

Sebelumnya diberitakan, berdasarkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 16/ PRT/M/ 2017, pemberlakuan transaksi non tunai secara penuh akan dimulai 31 Oktober 2017 mendatang.

TMJ selaku pemegang konsesi Jalan Tol Semarang-Solo mulai 15 Oktober nanti, secara bertahap akan mulai menerapkan sistem elektronisasi di sebagian gerbang tol Semarang-Solo.

"Misalnya di gerbang tol Banyumanik dan Bawen sudah dilakukan peralihan total, di GT Ungaran dan Salatiga masih ada pelayanan transaksi non tunai," kata Prajudi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.