Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panel Surya di Atap Mal Ini Hasilkan 2,9 Megawatt Energi Bersih

Kompas.com - 06/06/2016, 01:15 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

MANILA, KOMPAS.com - Sebuah pusat perbelanjaan di Filipina kini memiliki atap berupa kumpulan panel surya terbesar di dunia yang mampu menghasilkan 2,9 megawatt (MW) energi bersih untuk menjalankan operasional mal.

Proyek tersebut juga menjadi sistem tenaga surya milik swasta terbesar yang dirancang untuk konsumsi sendiri di Filipina.

Pengembang di balik proyek ini, Robinson Land memiliki rencana untuk menambahkan atap panel surya ke pusat-pusat ritel mereka dengan total 12,5 MW hingga akhir tahun 2016.

Kumpulan panel surya berkapasitas 2,9 MW ini dipasang pada bulan Mei 2016 di atap mal Robinson Starmills di San Fernando, Provinsi Pampanga.

Robinson Starmills ini merupakan yang terakhir dari serangkaian proyek panel surya rancangan Robinson Land.

Proyek ini telah diumumkan pada Maret 2016 dengan enam tempat yang menjadi lokasi pemasangan panel surya dan semuanya ditargetkan selesai pada Mei 2016.

Sementara itu terdapat dua tempat lagi yang diharapkan bisa selesai dan beroperasi pada akhir 2016.

Robinson Land memasang atap panel surya setidaknya pada dua mal milik mereka pada 2015 dan masing-masing proyek dibuat lebih besar dari sebelumnya.

Secara total, Robinson Land menargetkan 12,5 MW tenaga surya di 10 atap mal. Kesepuluh atap panel surya tersebut akan menghasilkan hampir 16 juta kilowatt per jam energi bersih dan menghemat 8.760 ton emisi CO2 tiap tahunnya.

Menurut Robinson Land, hal itu sama degan menanam 223.965 pohon. Hingga akhir tahun 2016, Robinson Land berjanji bahwa atap panel surya mereka akan menghasilkan 30 persen energi yang dibutuhkan.

Rencananya, pengembang lokal Filipina itu akan memasang kumpulan panel surya di 41 mal, namun waktunya hingga kini belum dirilis oleh mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com