Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Spiky", Cara Halus Menegur Orang yang Berlama-lama di Kamar Mandi

Kompas.com - 27/09/2017, 15:13 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

LONDON, KompasProperti - Mungkin Anda memiliki anggota keluarga atau pasangan yang mandi sangat lama setiap pagi dan menggunakan semua air panas. Sementara Anda, tengah buru-buru untuk bekerja atau sekolah.

Nah, jangan takut lagi, jika Anda ingin mendorong anggota keluarga lain untuk mandi dengan cepat. Pasalnya, artis Elisabeth Buecher yang berbasis di London, Inggris telah menciptakan solusi mandi sempurna yang disebut 'Spiky'.

"Spikiy" yang berupa tirai ini dilengkapi sensor berupa lonjakan lembut seperti balon dengan ujung yang runcing. Spiky akan terisi udara begitu pancuran sudah berjalan selama lebih dari empat menit.

Dengan cara yang tidak berbahaya namun tetap sangat menyebalkan, benda-benda berwarna-warni ini secara efektif mendorong bather keluar dari bawah air dan memaksa pengguna pancuran untuk berhenti saat dinilai terlalu lama.

SpikyDesignboom Spiky

 
Meskipun tampaknya merupakan solusi sempurna untuk orang-orang yang menghabiskan waktu lama di kamar mandi, tirai runcing ini pada gilirannya juga meningkatkan kesadaran akan konsumsi air dan mendorong penggunaan minimal.

Dengan metode yang menyenangkan, Spiky bertindak sebagai penegak konservasi air, menarik konsumen berlebihan, untuk lebih memperhatikan penggunaan air.

Dengan demikian, instalasi seni Spiky adalah bagian dari upaya yang bertujuan memprovokasi perdebatan seputar masalah air dan membuat orang lebih sadar akan konsumsi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com