Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Schneider Klaim Bisa Pangkas Konsumsi Listrik Gedung 30 Persen

Kompas.com - 06/09/2017, 17:39 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Dalam pengoperasian gedung, pemakaian energi belum menjadi prioritas utama bagi pengelola. Seringkali saat gedung beroperasi, listrik terbuang sia-sia.

Padahal, jika pengelola gedung bisa mengendalikan penggunaan listrik pada waktu atau area tertentu, efisiensi energi dapat tercapai.

"Dalam satu gedung misalnya di lantai 5 ada bagian yang tidak ada orang, tetapi AC menyala terus kan listrik jadi bayar mahal," ujar Vice President Partner Project and Ecobuilding Schneider Electric Indonesia Martin Setiawan kepada KompasProperti, Rabu (6/9/2017).

Ia menambahkan, saat ini Indonesia tengah menuju arah desentralisasi, dekarbonisasi, digitalisasi, dan penggunaan listrik lebih banyak.

Untuk meningkatkan pemakaian energi yang efisien, mengendalikan pemakaian listrik penting dilakukan. Bahkan lebih jauh, dengan memonitor tersebut, pengelola juga bisa mendeteksi potensi masalah.

Terkait sistem manajemen operasional gedung, perusahaan yang bergerak di bidang manajemen energi dan automasi, Schneider Electric meluncurkan EcoStruxure Power.

Sistem ini adalah bagian dari EcoStruxure yang merupakan sistem arsitektur terbuka dan dapat dioperasikan di banyak sektor seperti sektor grid, industri, data center, dan bangunan.

"Dengan EcoStruxure, penghematan energi bisa 20-30 persen. Semakin bagus lagi kalau perilaku pemakai gedung juga mendukung penghematan listrik seperti mematikan komputer saat tidak digunakan," kata Martin.

Ia melanjutkan, sistem ini memudahkan pengelola untuk menyatukan perangkat yang saling terkoneksi, edge kontrol, aplikasi, analitik dan layanan perusahaan.

Cara kerja EcoStruxure secara garis besar dibagi menjadi tiga lapisan, yaitu tingkat dasar, tingkat kedua dan tingkat ketiga.

Untuk tingkat dasar, Schneider dapat menghubungkan, mengumpulkan dan mendistribusikan informasi tentang pemakaian listrik di dalam gedung.

Kemudian tingkat kedua, sistem EcoStruxure mampu mengontrol operasi secara real time. Selanjutnya pada tingkat ketiga adalah aplikasi, analitik dan layanan untuk memudahkan pengelola memastikan keandalan daya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com