Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gedung Sekda Sukoharjo Berkonsep "Green and Smart"

Kompas.com - 10/07/2017, 22:30 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KompasProperti - Konsep green and smart building akan disematkan pada Gedung Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukoharjo.

Rancangan yang mengedepankan konsep ramah lingkungan tersebut akan menjadikan gedung sekda ini bisa meningkatkan kinerja pelayanan pegawai.

PT Cakra Manggilingin Jaya sebagai pemenang kontrak kerja konsultan perencana mengemukakan nilai kontraknya Rp 1,573,700 miliar untuk mewujudkan konsep green and smart building.

"Ini ide kami, belum menjadi ide pemerintah daerah. Ide kami mengacu standar gedung pemerintahan saat ini. Dan hari ini kami akan melakukan pengukuran luas lahan yang akan dibangun," ujar Direktur Utama PT Cara Manggilingin Jaya, Priyono, Senin (10/7/2017).

Priyono menargetkan waktu penyelesaian proyek pembangunan selama 3,5 bulan dengan catatan konsultasi berjalan lancar.

Dia juga berharap Pemkab Sukoharjo membentuk tim kecil sebagai mediator untuk konsultasi kebutuhan bangunan.

"Untuk isi gedung, masih belum tahu, kalau nanti ada 10 satuan perangkat kerja daerah (SKPD) apakah satu lantai satu SKPD, belum tahu," kata Priyono.

Namun pembuatan konsep desain bangunan dan seluruh perencanaan dikerjakan mulai hari ini, Senin (10/7/2017). Gedung 10 lantai itu juga akan didekorasi dengan unsur etnik khas Sukoharjo.

"Setelah ditandatangani kontrak kerja antara Pemkab Sukoharjo dengan PT Cakra Mangggilingin Jaya, otomatis mulai hari ini proses pekerjaan sudah dimulai," kata Asisten II Sekretariat Daerah Sukoharjo Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com