Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pecahkan Rekor Muri, 3.255 Tenaga Kerja Konstruksi Disertifikasi

Kompas.com - 21/08/2017, 14:13 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Tak kurang dari 3.255 tenaga kerja konstruksi menjalani kegiatan sertifikasi secara serentak di 36 lokasi proyek. Kegiatan ini sekaligus memecahkan rekor yang tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menjelaskan, sertifikasi merupakan salah amanat yang terdapat di dalam UU Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi.

Dalam hal ini, pengguna jasa dan penyedia jasa wajib mempekerjakan tenaga kerja konstruksi yang memiliki sertifikat kompetensi kerja.

"Tapi, saya ingin ini bukan hanya sekedar kewajiban. Karena kalau hanya wajib saja, pasti tidak ada gunanya. Harus ada jaminan mutu," tegas Basuki saat kegiatan sertifikasi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Senin (21/8/2017).

Ia menuturkan, program pembangunan infrastruktur masih menjadi program prioritas yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Guna mendukung hal tersebut, maka diperlukan sumber daya yang siap dan memahami secara pasti dalam berbagai bidang.

Bidang-bidang tersebut mulai dari pengelolaan sumber daya air, penyelenggaraan jalan, penyediaan perumahan dan pengembangan kawasan permukiman, dan pembiayaan perumahan.

Kemudian, penataan bangunan gedung, sistem penyediaan air minum, sistem pengelolaan air limbah dan drainase lingkungan serta persampahan, dan pembinaan jasa konstruksi.

"Kami di PUPR mendapatkan alokasi anggaran terbesar di dalam APBN. Itu adalah amanat pemerintah dan amanat rakyat, dan itu harus dipertanggungjawabkan dengan baik," ujarnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyematkan secara simbolis ID card kepada salah seorang peserta kegiatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Jakarta, Senin (21/8/2017).KOMPAS.com / DANI PRABOWO Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyematkan secara simbolis ID card kepada salah seorang peserta kegiatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi di Jakarta, Senin (21/8/2017).

Pelaksanaan sertifikasi dilakuka secara onsite di 36 lokasi pada proyek-proyek dengan pendanaan APBN, pendanaan APBD, dan sumber pendanaan swasta/non APBN atau APBN.

Peserta sertifikasi terdiri atas 3.047 orang tenaga kerja terampil dan 208 orang peserta bimbingan teknis keahlian. Tenaga kerja terampil meliputi tukang, mandor, drafter, surveyor, operator, pelaksana dan pengawas.

Sementara tenaga teknis keahlian meliputi Bimbingan Teknis SItem Manajemen Keselamatan dan Kesejahteraan Kerja (SMK3), Manajemen Konstruksi dan Administrasi Kontrak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com