Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wika Mulai Konstruksi Tol Kunciran-Bandara Soekarno-Hatta

Kompas.com - 09/06/2017, 08:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Proyek Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 kilometer yang diusahakan PT Jasa Marga (persero) Tbk telah dimulai pengerjaan konstruksinya.

Infrastruktur dasar ini dianggap vital karena akan menjadi akses alternatif selain tol yang sudah ada ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Operasionalisasinya ditargetkan 2019.

PT Wijaya Karya (persero) Tbk (Wika) tampil sebagai kontraktor yang memenangi tender pengadaan jasa pemborongan pekerjaan pembangunan jalan tol tersebut.

"Kami sudah mulai konstruksi tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran," ujar Direktur Keuangan Wika Steve Kosasih melalui keterangan tertulis yang diterima KompasProperti, Kamis (8/6/2017). 

Proyek tol senilai Rp 3,5 triliun ini akan dibangun dalam empat seksi. Keempat seksi itu yakni seksi 1 Kunciran–IC Sultan Ageng Tirtayasa sepanjang 2,04 kilometer, dan seksi 2 IC Sultan Ageng Tirtayasa–on/off ramp Benteng Betawi sepanjang 3,50 kilometer.

Kemudian, seksi 3 on/off ramp Benteng Betawi–IC Husein Sastranegara 6,50 kilometer, dan seksi 4 IC Husein Sastranegara–Benda Junction 2,15 kilometer.

Jalan tol ini masuk dalam jaringan jalan lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 dan terkoneksi dengan ruas Tol Cinere-Serpong dan Serpong-Kunciran yang juga dimiliki oleh PT Jasa Marga Tbk melalui anak usahanya PT Cinere Serpong Jaya dan PT Marga Trans Nusantara.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna membenarkan dimulainya pembangunan jalan tol ini.

"Kalau ditanya konstruksi sudah mulai, (jawabannya) sudah, tapi masih dalam tahap awal land clearing. Progresnya masih kecil, baru nol koma nol sekian persen-lah," ujar Herry kepada KompasProperti, Minggu (4/6/2017).

Dia menuturkan, pengerjaan tol ini baru dimulai pada bagian Seksi IV yaitu Seksi H. Sastranegara-SS Benda yang direncanakan sepanjang 2,06 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com