Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika, China, dan Eropa Bantu ITB Kembangkan Innovation Park

Kompas.com - 10/07/2017, 20:30 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Dalam pengembangan science techno park (STP), Institut Teknologi Bandung (ITB) menggandeng sejumlah pihak untuk menciptakan ITB Innovation Park.

Nantinya, lokasi pengembangan itu berada di atas lahan seluas satu hektar di kawasan Summarecon Bandung yang berada di daerah Gedebage.

"Berbagai kerja sama dengan industri dalam dan luar negeri telah dijalin untuk suksesnya hilirisasi industri. Baik dengan Tsing Hua University China, Jepang, Silicon Valley Amerika, hingga universitas dan industri di Eropa," kata Rektor ITB Prof. Kadarsah Suryadi di Kantor Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, Senin (10/7/2017).

Hari ini, ditandatangani dua kerja sama antara Summarecon dengan ITB dan Kemenristekdikti, yaitu kerja sama hibah lahan kepada Kemenristekdikti, dan kerja sama untuk pengembangan dan pengelolaan Innovation Park dengan ITB.

Menurut Kadarsah, ITB Innovation Park akan fokus pada pengembangan smart and creative industry.

Sejumlah fasilitas laboratorium dan percobaan disiapkan seperti information and communication dan design, serta software production service untuk menunjang perusahaan di bidang games, animasi, radar, kota cerdas, dan medical equipment.

ITB Innovation Park akan memberikan dukungan luas pada perusahaan, baik pemula maupun matang berupa pelayanan dan sumber daya berupa akses kepada teknologi, pendanaan, inkubasi untuk perusahaan pemula.

Selain itu juga dukungan aspek manajemen usaha, coaching, pengembagan kewirausahaan, hingga stimulasi kerja sama baik antar perusahaan maupun lembaga riset.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com