Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sakura Bersemi di Pinggiran Jakarta

Kompas.com - 13/10/2015, 10:57 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - "Little Tokyo", adalah mimpi beberapa pengembang menciptakan kawasan yang mereka garap menyamai atau setidaknya mirip ibu kota Jepang, Tokyo. Serba tertata rapi, fasilitas lengkap, maju, modern, dinamis, dan kota dengan denyut nadi ekonomi yang terus tumbuh.

Realisasi mimpi tersebut mulai dirintis oleh pengembang-pengembang kakap sekelas PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) dengan Orange County dan Lippo Cikarang, Sinarmas Land Group dengan kawasan bisnisnya di BSD City, dan Ciputra Group dengan Little Ginza.

Mereka tidak saja menggaet dana Jepang, melainkan secara bersama merancang konsep dan menghadirkan "Little Tokyo" di kawasan pinggiran Jakarta seperti Cikarang (Bekasi), Serpong (Tangerang Selatan), dan Cikupa (Tangerang). 

Tak hanya pengembang besar, pengembang gurem pun ikut latah meramaikan kancah kompetisi sektor properti menjual segala hal berbau Jepang. Dalam catatan Colliers International Indonesia, terdapat nama Triniti Group. Mereka mengembangkan Yukata Apartment.

Arimbi Ramadhiani Festival Sakura Matsuri di Maxxbox Orange County, Cikarang, Bekasi, Sabtu (25/4/2015).
Sekilas nama proyek hunian vertikal berlokasi di Serpong ini sangat Jepang. Namun, siapa kira pengembang dan kontraktornya ternyata asli Indonesia. 

"Mereka hanya menjual nama dan konsep ala Jepang. Terhadap fenomena ini, para pengembang, investor, dan kontraktor yang beneran Jepang pun hanya bisa menertawakannya," ungkap Ferry, Sabtu (9/10/2015).

Lantas, apa yang membuat para pengembang tersebut ngebet membumikan kredo Negeri Sakura ke Indonesia?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com