Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Raksasa Senilai 1 Miliar Dollar AS Dibangun Tahun 2015

Kompas.com - 13/10/2014, 13:41 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua emiten properti, PT Plaza Indonesia Realty Tbk., dan PT Jababeka Tbk., akan merealisasikan pengembangan superblok Plaza Indonesia Jababeka pada tahun 2015 mendatang, melalui usaha patungan yang mereka bentuk, PT Plaza Indonesia Jababeka.

Superblok senilai 1 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 12,2 triliun tersebut mencakup hotel, pusat belanja seluas 200.000 meter persegi, apartemen strata, apartemen servis, dan menara perkantoran di atas lahan dengan luas total 12 hektar.

Vice President Business Development PT Jababeka Tbk., Suteja Sidarta Darmono, menjelaskan, properti yang akan dikembangkan lebih dahulu adalah hotel dengan klasifikasi bintang lima sebanyak 200 kamar. Operator yang akan mengelola hotel ini berasal dari Hyatt Group.

"Kami ditawari dua opsi, apakah akan menggunakan merek Hyatt Regency atau Hyatt Park Hotel. Tapi yang jelas, sama mewahnya dan setara kelasnya dengan Grand Hyatt di kompleks pengembangan Plaza Indonesia Thamrin, Jakarta Pusat," ungkap Suteja kepada Kompas.com, Senin (13/10/2014).

Dia melanjutkan, menyusul properti berikutnya yang akan dibangun adalah apartemen strata kelas atas yang ditujukan khusus untuk para ekspatriat. Selain apartemen strata PT Plaza Indonesia Jababeka, tambah Suteja, juga akan membangun apartemen servis satu menara.

"Sementara pusat belanja dan perkantoran dibangun paling akhir. Serupa dengan perkantoran The Plaza dan pusat belanja The Plaza Indonesia di Thamrin, di sini juga kelasnya setara, untuk kalangan atas, di mana merek-merek internasional mewah akan kami gandeng untuk mengisi ruang-ruangnya," tutur Suteja.

Kolaborasi Plaza Indonesia Jababeka, kata Suteja, memiliki konfigurasi permodalan 70 persen berbanding 30 persen, di mana PT Plaza Indonesia Realty Tbk merupakan mayoritas. Sedangkan untuk ekspansi bisnis lainnya di kawasan yang sama seluas 4 hektar, dua emiten tersebut membentuk PT Jababeka Plaza Indonesia.

"PT Jababeka Plaza Indonesia akan menggarap residensial vertikal Jababeka Plaza Indonesia," buka Suteja.

Berbeda dengan proyek Plaza Indonesia Jababeka, dalam proyek perluasan tersebut konfigurasi kepemilikan PT Jababeka Tbk merupakan mayoritas sebanyak 70 persen, sementara PT Plaza Indonesia Realty Tbk sebanyak 30 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com