Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Material Bangunan Tiongkok Pun Melambat

Kompas.com - 31/07/2014, 12:31 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Lesunya pasar properti Tiongkok yang diprediksi tidak akan pulih sampai kuartal keempat tahun 2014 ini, berpengaruh signifikan terhadap pasar material (bahan bangunan).

Data Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional Tiongkok (NRDC) menunjukkan, pasar properti sebagai konsumen utama produsen semen dan kaca lembaran, tergelincir 0,47 persen pada Juli ini dari bulan sebelumnya. Hal itu merupakan penurunan bulanan kedua berturut-turut menyusul kemerosotan 0,15 persen pada bulan Mei.

Meski produksi semen selama semester pertama 2014 tercatat mencapai 1,14 miliar ton atau naik 3,6 persen, namun melambat 6,1 persen dari total ekspansi yang tercatat selama periode yang sama tahun lalu.

Menurut NDRC, perlambatan pertumbuhan produksi tak hanya terjadi pada semen, melainkan juga material utama bangunan lainnya, terutama kaca.

NDRC menulis, produksi kaca lembaran dalam enam bulan pertama tahun ini hanya naik 4,7 persen atau secara total pertumbuhan produksi anjlok 6,1 persen dari periode yang sama tahun 2013.

Demikian halnya dengan harga. Dibandingkan bulan Juni, harga semen pada Juli ini juga menurun 1,8 persen. Sementara harga kaca lembaran masih bergeming.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com