Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Masa Depan, Plafon dan Karpet Bercahaya

Kompas.com - 02/05/2014, 07:36 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com - Teknologi LED sudah mulai dikenal luas di Indonesia. Namun, penemuan dan pengembangan di bidang teknologi pencahayaan belum berhenti. Chief Design Officer Philips Lighting, Rogier van der Heide mengungkapkan, pengembangan teknologi LED memudahkan pencahayaan diitegrasikan ke material bangunan dan kain.

Dengan kata lain, pencahayaan bisa tersedia langsung di plafon atau di karpet rumah. Di masa depan, pemilik rumah tidak perlu memasang bohlam lampu seperti saat ini.

"Saya percahaya pencahayaan belum pernah semenarik saat ini. Dengan LED, kita bisa benar-benar menaruh pencahayaan pada berbagai material. Kita bisa membuat plafon bersinar atau bahkan membuat dinding dengan gambar di permukaannya," ujar Van der Heide.

Salah satu produk pencahayaan plafon yang sudah diluncurkan adalah OneSpace. Menurut Van der Heide, produk ini merupakan panel plafon istimewa yang bisa menyediakan pencahayaan sesuai kebutuhan.

"OneSpace tidak memiliki ukuran standar. Kami akan membuat ukuran yang Anda butuhkan. Saya pikir, tingkat personalisasi dan kolaborasi dengan arsitek seperti ini merupakan perbedaan antara pencahayaan yang bagus dan benar-benar luar biasa," tambahnya.

Selain OneSpace, acara Light + Building 2014 yang diadakan di Frankfurt juga memperkenalkan kain-kain bercahaya. Kain ini memiliki lampu LED yang bisa diprogram di balik permukaan kain. Perusahaan penghasil tekstil asal Denmark, Kvadrat, memproduksi kain tersebut.

"Karpet tersebut kami kembangkan bersama dengan perusahaan asal Belanda bernama Desso," ujar Van der Heide. "Kami menambahkan lampu di permukaannya; kami menempatkan piksel di karpet yang bisa menuntun Anda melewati sebuah ruang atau menciptakan pola menarik."

Karpet semacam ini pun bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan darurat, misalnya untuk menunjukkan jalur evakuasi. Selain itu, karena bisa dinyalakan dan dipadamkan, lampu yang ada pada karpet tidak akan mengganggu desain interior secara keseluruhan.

Van der Heide percaya, di masa yang akan datang, LED akan berukuran semakin kecil. Megintegrasikan pencahayaan tersebut pada plafon dan karpet akan menjadi hal biasa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com