Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Luar Biasa, Tiongkok Bangun Kota di Atas Laut Tahun Depan

Kompas.com - 05/06/2014, 13:28 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Tiongkok tampaknya serius membangun kota di atas laut. Negara ini sangat membutuhkan ruang untuk memenuhi kebutuhan hunian dan ruang hidup bagi warganya. Namun mengingat keterbatasan luas tanah, terobosan pun dilakukan.

Tak main-main, pemerintah Tiongkok akan membangun jalan dan kota dengan total lima miliar meter persegi. Desain kota mengapung pertama yang tampil ke permukaan adalah desain buatan AT Design Office dan perusahaan konstruksi asal Tiongkok, CCCC. Kota mengapung tersebut akan mulai dikembangkan tahun depan.

Bukan hanya orang awam, arsitek AT Design Office Anthony Phan, pun semula memandang proyek ini sebagai proyek ambisius. Phan mengtakan ketika klien datang pada kami dan membicarakan proyek ini, ia tidak bisa percaya bahwa hal tersebut nyata hingga melihat teknologi mereka.

Perusahaan konstruksi Tiongkok, CCCC, rupanya sudah mulai membangun jembatan sepanjang 31 mil (sekitar 49, kilometer) yang menghubungkan Hongkong, dan Macau. Teknologi yang sama akan digunakan untuk membangun kota mengapung di Tiongkok. Nantinya, blok-blok prefabrikasi disatukan menjadi dasar pulau seluas 10 kilometer persegi. Teorinya, penduduk Tiongkok yang bermukim di tempat ini tidak perlu pergi ke pulau utama untuk bekerja.

"Pekerjaan, apartemen, hiburan, dan taman, semuanya akan disediakan di pulau mengambang," ujar Phan.

Fastcoexist.com Pulau mengapung di Tiongkok ini juga akan dilengkapi dengan lorong-lorong bawah laut, pembangkit listrik, dan pabrik untuk memenuhi kebutuhan penduduknya.
Rencana pembuatan pulau tersebut pun sudah matang. Pulau ini akan memanfaatkan pergerakan air laut untuk memasok aliran listrik di permukaan pulau. Sampah penduduk pulau juga bisa dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik. Tidak hanya itu saja, pulau juga akan memiliki pabrik yang akan memasok kebutuhan penduduk pulau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com