Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Identitas Australia Sesungguhnya!

Kompas.com - 08/10/2013, 07:03 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - World Architecture Festival 2013 menganugerahi The Australian Garden sebagai proyek lanskap terbaik dunia. Taman tersebut berada di Royal Botanic Gardens, Cranbourne, Victoria, Australia. Para juri menilainya sebagai representasi identitas Australia sesungguhnya yang kaya flora dan fauna.

Taman ini merupakan karya Taylor Cullity Lethlean dan ahli tanaman Paul Thomson. Selain Thompson, Lethlean juga bekerja sama dengan Edwina Kearney, Mark Stoner, Greg Clarke dan Mish Eisen. Tahun lalu, penghargaan yang sama diberikan pada taman di sisi sungai di Singapura.
 
The Australian Gardens seluas 40 hektar ini selesai dibangun dalam dua tahap, tahap pertama pada 2005, sementara tahap kedua pada 2012. Taman ini terbentang sebagai perlambang perjalanan menyusuri seluruh fauna Australia, dari gurun hingga pesisir. Di dalam taman ini terdapat beberapa bangunan dan danau-danau buatan. Selain itu, terdapat 170.000 tanaman dari 1.700 species. 
 
Menurut Lethlean, taman ini dibangun berdasarkan prinsip desain, praktik konstruksi, dan pola rekreasi komunitas. Pembangunan situs ini ditujukkan untuk memberikan pengalaman baru menyangkut isu lingkungan dan kebudayaan bagi pengunjungnya. Mereka bisa mengeksplorasi berbagai tumbuhan asli Australia, dalam penataan yang luar biasa cantik. 
 
Selain tampilannya yang luar biasa, para juri dalam festival arsitektur tahun ini memiliki pendapatnya sendiri mengenai taman tersebut. Taman ini secara cerdas merangkum berbagai varietas yang ada dalam dunia flora Australia, termasuk bagian besar negara tersebut yaitu gurun. Seperti taman botani, ini merupakan koleksi berbagai hal berbeda, namun dengan set yang menyatukan perjalanan melewati berbagai lanskap.
 
"Lanskap ini menonjol dengan orisinalitasnya dan kemampuannya memunculkan identitas Australia tanpa menggunakan sepatah kata pun, hanya dengan tumbuhan cantik dari pedesaan Australia," tandas para juri, seperti dikutip dalam Dezeen.
 
Sebenarnya, taman ini sudah berhasil memenangkan setidaknya 10 penghargaan. Bahkan, sebelum Taylor Cullity Lethlean selesai membenahi 25 hektar bagian taman ini pun, taman tersebut sudah memenangkan penghargaan pada 1997 dari AILA Victoria Overall Lanscape Excellence Award.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com