Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Rumah yang "Terbenam" di Bukit

Kompas.com - 03/04/2013, 15:34 WIB

KOMPAS.com - Kita tentu sering melihat banyak rumah dibangun di suatu tempat untuk meraih keuntungan terbaik dari sebuah pemandangan lanskap yang menakjubkan. Tetapi, kita mungkin tidak banyak melihat rumah yang benar-benar dibangun di dalam lanskap itu sendiri.

Bangunan vila yang didesain oleh arsitek-arsitek asal Ceko, Stempel & Tesar, ini misalnya. Secara fisik, vila tersebut justeru mereka bangun dengan cara "masuk" dan setengah "terbenam" ke dalam bukit di kawasan Cesky raj region.

Menurut para arsitek itu, rumah ini terinspirasi oleh struktur alam di sekitarnya. Pasalnya, ciri khas rumah ini dibuat dari kayu dan batu sehingga harus "menyatu" dengan alam di sekitarnya.

Pembangunan rumah ini membutuhkan para tukang bangunan untuk membuat semacam terowongan yang menembus bukit tersebut. Di situlah, para tukang memulai proyek untuk membuat sebuah ruangan.

Sepintas, proses ini mengingatkan kita pada rumah-rumah di dalam gua, yang dibangun dengan cara mengukir tebing gua dan menjadikannya sebuah ruangan atau rumah.

Baca: Foto Udara Rumah Warisan William dan Kate yang Bebas "Pengintip"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com