Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Bisa Bikin Rumah Murah Berkualitas, Indonesia Kapan?

Kompas.com - 04/02/2014, 18:09 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Deretan rumah beratap pelana ini merupakan jawaban dari kemungkinan hadirnya hunian murah dengan kualitas istimewa. Sayangnya, rumah-rumah tersebut berada jauh dari Tanah Air, yaitu di Houston, Texas, Amerika Serikat.

Rancangan rumah ini terinspirasi dari karya arsitek Hugh Newell Jacobsen. Bentuknya yang sederhana mampu menekan biaya bagi rangka dan tenaga kerja. Tak salah bila rumah-rumah ini seolah menjadi titik temu dari kesederhanaan dan kemewahan.

 
The Row, begitu sebutan bagi kesembilan rumah berwarna putih dan berjendela besar tersebut. Hunian ini berada di ujung utara Houston Heights, daerah yang penuh restoran, toko-toko, dan hanya berjarak 10 menit dari pusat kota. 
 
The Row mengumpulkan investor dan pengembang untuk bergabung dalam proyek pembangunannya. Eksekutif perusahaan maskapai penerbangan serta lulusan Rice University dan Harvard Business School Holden Shannon, serta suami-istri pengembang, desainer, dan kontruksi Matthew dan Tina Ford membuat proyek ini menjadi kenyataan.

Kebetulan, Matthew dan Tina Ford memiliki Shade House Development dan perusahaan konstruksi Esplanade Homes berbasis di Atlanta. Sementara, Shannon biasanya memegang proyek yang jauh lebih besar, seperti pengembangan Bandara Internasional JFK.

 
"Row di 25th merupakan sesuatu yang unik. Kesederhanaan desain, kegunaan ruang, semuanya cocok bagi proyek berharga menengah," ujar Shanon. Lebih teknis lagi, Matthew Ford mengatakan, "Cangkang rumah memiliki bentuk yang sangat sederhana. Tidak ada lengkungan atau bagian menyilang. Ini membuat saya bisa menggunakan rangka solid namun murah."
 
Shannon dan keluarga Fords berhasil menekan biaya hingga hanya perlu membayar sekitar 170 dollar AS atau Rp 2 juta per kaki persegi. Setiap rumah memiliki ukuran 176,5 m2 dan membutuhkan biaya 30.000 dollar AS atau Rp 362,2 juta.
 
Interiornya terasa lapang, ruang-ruang terasa mengalir, dan para penyewa rumah boleh menyesuaikan dengan kebutuhan mereka. Setiap rumah juga dibagi menjadi dua lantai. Lantai dasar berisi area pintu masuk, di bagian belakang terdapat dapur, ada pula ruang makan, dan kantor. Di lantai atas, setiap rumah memiliki kamar tidur utama yang menghadap jalan raya, kamar tidur lain, kamar mandi, dan ruang di tengah-tengah. Ruang tersebut bisa digunakan sebagai perpustakaan, kamar tidur tambahan, atau ruang penyimpanan.

Menariknya, Shannon sudah pernah merasakan tinggal di rumah tersebut. Dalam masa-masa percobaan, sebelum membuat banyak hunian, Shannon lebih dulu mempelajari dimensi ruang, pola masuknya cahaya, dan kenyamanan rumah.

"Saya tidak ingin membangun sembilan rumah yang tidak pernah saya tinggali. Kami bermain dengan rumah-rumah seperti desainer bermain dengan media gambar CAD. Kami menambahkan jendela, memindahkan dinding depan, dan membesarkan jendela atap." Shannon kemudian mempekerjakan desainer Barbara Hill untuk mendesain interiornya.

 
Berdasarkan kesaksian para penyewa rumah, mereka begitu puas dengan pengembangan rumah terjangkau ini. Kini, hanya satu rumah yang masih tersedia, itu pun hanya untuk disewakan. Setiap unit disewakan dengan harga 2.850 dollar AS (Rp 34,4 juta) per bulan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com