Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tetap Terawat, Bersihkan Kulkas secara Menyeluruh

Kompas.com - 01/07/2024, 00:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas atau lemari es merupakan salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan kehadirannya di rumah.

Karena sering kali bersentuhan dengan bahan makanan dan minuman, kulkas sangat rentan kotor sehingga perlu dibersihkan secara teratur.

Untuk membersihkan kulkas secara menyeluruh, Anda perlu menyiapkan berbagai alat dan bahan seperti kain mikrofiber, sabun cuci piring, botol semprot, sikat kecil dan pengki.

Setelah semua peralatan dan bahan pembersih siap, keluarkan semuanya dari kulkas Anda, termasuk rak dan laci yang bisa dilepas.

Baca juga: Kulkas di Rumah Anda Kekurangan Freon? Ini Sederet Tandanya

Gunakan kain mikrofiber untuk menyikat kotoran, debu, atau remah-remah yang ada di dalam kulkas lalu gunakan sapu dan pengki untuk mengumpulkannya.

Selanjutnya, buat larutan pembersih dengan menambahkan satu atau dua tetes sabun cuci piring ke dalam botol semprot berisi air.

Semprotkan ini ke seluruh bagian dalam kulkas Anda, dan semprotkan juga ke laci dan tempat sampah yang bisa dilepas.


Seka sabun cuci piring dan air dengan kain mikrofiber bersih lainnya. Usap dengan gerakan melingkar kecil, bukan gerakan bolak-balik yang besar, untuk menghindari goresan pada kaca.

Jika masih banyak sisa sabun yang tertinggal, bilas bagian kulkas kembali dengan kain mikrofiber lembab.

Baca juga: Berapa Lama Kulkas di Rumah Anda Bisa Bertahan?

Bila bagian interiornya sudah bersih saatnya fokus ke bagian luar. Jika bagian luar kulkas Anda terbuat dari baja tahan karat, gunakan pembersih khusus untuk membuatnya berkilau.

Jika bagian luar kulkas Anda memiliki bahan luar lainnya, ambil botol semprot berisi sabun cuci piring dan air. Semprotkan bagian luarnya, lalu bersihkan, lakukan dari atas ke bawah.

Setelah bagian dalam kulkas Anda kering dan bebas noda, pasang kembali tempat sampah atau laci yang dapat dilepas, lalu masukkan kembali semua makanan Anda.

Sebagai langkah terakhir, letakkan wadah kecil berisi soda kue di salah satu rak kulkas Anda untuk mencegah munculnya bau tak sedap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com