Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Kulkas di Rumah Anda Bisa Bertahan?

Kompas.com - 21/06/2024, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mirip dengan peralatan rumah tangga berukuran besar lainnya, umur pakai kulkas atau lemari es diperkirakan bisa lebih dari satu dekade.

Berapa lama tepatnya kulkas bisa bertahan akan bertahan tergantung pada cara penggunaan dan pemeliharaan yang dilakukan sang pemilik.

Mengetahui berapa lama kulkas bisa bertahan memungkinkan pemilik rumah mengetahui kapan harus melakukan perbaikan dan kapan harus mengalokasikan dana untuk membeli unit yang baru.

Baca juga: Ini Penyebab Bagian Luar Kulkas Anda Berkarat

Kami meminta para ahli untuk berbagi berapa lama lemari es biasanya bertahan dan tanda-tanda bahwa sudah waktunya untuk membeli yang baru.

Menurut Senior Vice President of Refrigeration at BSH Home Appliances, Rebecca Cottrell kulkas memang dirancang untuk bisa bertahan lama.

“Kebutuhan untuk mengganti lemari es berbeda-beda tergantung cara produk digunakan dan dirawat dari waktu ke waktu,” kata Rebecca seperti dikutip dari laman Better Homes and Gardens.

Dikatakan, umur rata-rata sebuah kulkas bisa bertahan berkisar antara 10 hingga 14 tahun lamanya. Jenis kulkas yang berbeda juga memiliki masa pakai yang sedikit berbeda.

Baca juga: Kulkas di Rumah Bocor? Mungkin Ini Penyebabnya

Berdasarkan data tahun 2019, rata-rata masa pakai kulkas dengan freezer atas adalah 14 tahun.

Sedangkan kulkas yang memiliki dua pintu berdampingan biasanya hanya mampu bertahan selama 11 tahun.


Kulkas yang berukuran lebih kecil dan kompak memiliki masa pakai yang lebih pendek, yaitu empat hingga 12 tahun, di mana rata-rata bisa bertahan hingga 8 tahun.

Kualitas, merek, dan perawatan lemari es dapat menentukan berapa lama lemari es akan bertahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com