Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Punya WC di Dalam Kamar Mandi? Ini Untung Ruginya

Kompas.com - 02/11/2023, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi kenyamanan dan kebersihan, setiap rumah tentu harus memiliki setidaknya satu buah kloset atau WC

Di beberapa rumah, Anda akan menemukan WC yang berada dalam kamar mandi. Namun, di rumah lain, WC tersebut ada di ruang yang tersendiri. 

Banyak faktor yang berperan ketika para pemilik rumah hendak mengambil keputusan. Namun umumnya kebersihan, privasi, dan ketersediaan ruang yang menjadi pertimbangan masing-masing orang.

Sebelum memutuskan, yuk ketahui apa saja untung ruginya ketika Anda ingin menempatkan WC di dalam kamar mandi.

Baca juga: Cuka, Pembersih Serbaguna yang Bikin Kamar Mandi Anda Kinclong

Keuntungan

Salah satu keuntungan dari kamar mandi yang memiliki WC didalamnya adalah ukuran ruangan yang lebih besar.

Besarnya ruangan membuat Anda lebih mudah menatanya dan cocok digunakan saat Anda ingin bersantai dan melepas penat di penghujung hari yang melelahkan.

Tergantung konfigurasi ruangan, Anda mungkin bisa menyembunyikan WC dari pandangan sehingga itu bukan hal pertama yang Anda lihat saat membuka pintu.

Anda juga mempunyai pilihan untuk menyertakan dinding fitur untuk memisahkan WC dari area kamar mandi lainnya, meskipun tidak tertutup sepenuhnya.

Baca juga: Cara Efektif Usir Kecoa dari Kamar Mandi

Kerugian

Karena WC berada satu ruangan dengan area lainnya di kamar mandi, maka tidak ada cara untuk menahan bau tak sedap jika sedang digunakan.

Hal ini dapat menimbulkan masalah ketika banyak orang perlu menggunakan kamar mandi yang sama secara bersamaan.

Privasi juga minim bagi orang yang menggunakan WC ketika orang lain perlu menggunakan kamar mandi untuk mandi, menyikat gigi, atau sekadar mencuci tangan di wastafel.

Faktor kebersihan juga mungkin menjadi masalah pada gaya kamar mandi ini karena bakteri dapat menyebar ke udara setiap kali WC disiram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com