Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Lantai Rumah yang Cocok untuk Pengguna Kursi Roda

Kompas.com - 08/06/2023, 21:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam sebuah desain interior, aksesibilitas adalah pertimbangan utama dalam pemilihan fitur-fitur sebuah rumah.

Penting untuk memastikan keamanan dan kemudahan mobilitas di dalam rumah termasuk bagi para pengguna kursi roda.

Berikut beberapa pilihan penutup lantai yang direkomendasikan untuk rumah yang memiliki pengguna kursi roda seperti dikutip dari laman Direct Wood Flooring.

Baca juga: Opsi Penutup Lantai Terbaik untuk Teras Rumah Anda

Lantai kayu

Lantai kayu, termasuk kayu yang direkayasa dan kayu alami, memberikan permukaan yang bagus untuk dilintasi para pengguna kursi roda.

Karena kayu memiliki permukaan yang keras, ini memungkinkan pergerakan yang halus dan nyaman serta memungkinkan para pengguna kursi roda menghantam batasan dan tergelincir.

Lantai kayu bisa sangat tahan lama, dan dapat dipoles kembali bila terlihat usang. Jadi jangan khawatir kehilangan kemilau lantai seiring berjalannya waktu.

Lantai Laminasi

Lantai laminasi memiliki keunggulan bagi pengguna kursi roda karena memiliki permukaan yang keras sehingga mudah dilintasi.

Namun, sangat disarankan untuk membeli lantai laminasi berkualitas tinggi untuk memastikan lantai bisa bertahan lama selama puluhan tahun.

Baca juga: Catat, Tinggi Jendela dari Lantai yang Ideal di Setiap Ruangan

Pilih lantai laminasi peringkat AC3 atau lebih tinggi karena cocok untuk pengguna kursi roda. Sementara untuk penggunaan di kamar mandi atau dapur, gunakan lantai berperingkat AC5.

Dua jenis lantai yang harus dihindari yakni karpet dan ubin. Karpet bisa mengurangi atau menghentikan gerakan.

Sementara ubin dengan lapisan mengkilap memiliki permukaan yang licin sehingga bisa berbahaya bagi para pengguna kursi roda karena akan meningkatkan kecepatan dan berkurangnya efek rem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com