Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Tinggi Jendela dari Lantai yang Ideal di Setiap Ruangan

Kompas.com - 28/05/2023, 20:10 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tata letak jendela menjadi salah satu aspek penting di rumah. Termasuk tinggi jendela dari lantai.

Posisi jendela tidak hanya tentang privasi penghuni, juga berpengaruh terhadap paparan cahaya dan udara yang memasuki ruangan.

Apabila tinggi jendela dari lantai tidak tepat, tentu akan membuat paparan cahaya dan sirkulasi udara yang masuk ke ruangan tidak maksimal.

Padahal, cahaya dan udara menjadi bagian dari kebutuhan para penghuni rumah. Karena berpengaruh terhadap kenyamanan dan kesehatan.

Baca juga: Berapa Jumlah Jendela Rumah yang Ideal? Ini Jawabannya

Melansir dari laman The Constructor, berikut tinggi jendela dari lantai yang ideal di ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi.

Tinggi Jendela di Ruang Tamu

Ketinggian standar untuk jendela ruang tamu biasanya 68 inci (172 cm)-72 inci (182 cm) dari Lantai.

Hal ini memungkinkan penghuni rumah mendapat privasi yang memadai, serta memberikan estetika yang menyenangkan pada ruangan.

Namun tergantung pada ukuran dan ketebalan trim jendela, 1 inci atau 2 inci tambahan mungkin diperlukan untuk menciptakan tampilan akhir yang rapi.

Tinggi Jendela di Kamar Tidur

Untuk kamar tidur, tinggi jendela standar dari lantai sekitar 40 inci (101 cm) dan 45 inci (114 cm), dengan maksimum 48 inci (121 cm).

Jika ingin menciptakan ruangan yang lebih terang dan terbuka, pilih jendela yang lebih besar dan penempatan lebih tinggi. Ini akan memungkinkan lebih banyak cahaya alami masuk ke ruangan

Di sisi lain, bila menginginkan kamar tidur yang teduh, pilih jendela yang lebih kecil dan tempatkan lebih rendah untuk memaksimalkan privasi serta mengurangi jumlah cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan.

Tinggi Jendela di Dapur

Ketinggian jendela di dapur adalah bagian penting dari keseluruhan desain dan harus dipilih dengan hati-hati.

Ketinggian standar jendela dari lantai untuk dapur biasanya antara 30 inci (76 cm) dan 36 inci (91 cm).

Hal itu memastikan bahwa pemandangan dari jendela tidak terhalang, sirkulasi udara lancar, dan memberikan cukup cahaya untuk dapur.

Standar untuk jendela dapur lebih rendah daripada ruangan lain, seperti ruang tamu atau kamar tidur, yang biasanya berjarak 36-48 inci dari lantai.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com