Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bersihkan Lantai Dapur Usai Masak Makanan Berminyak

Kompas.com - 22/04/2023, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan dapur adalah sebuah tantangan besar terutama saat Anda memasak makanan berminyak seperti opor, rendang bahkan gorengan.

Saat menggoreng, minyak tidak hanya bisa menempel di kompor namun juga ke area lantai. Jika tidak dibersihkan dengan benar, lantai bisa menjadi licin dan Anda bisa terpeleset.

Anda tidak dapat menyingkirkan sisa minyak di depan kompor dengan mengepel seperti biasa. Jika iya, maka Anda justru mengolesi lapisan tipis minyak di seluruh lantai.

Baca juga: Kerjakan Sekali Seminggu, Ini Tips Mengepel Lantai Dapur Bersih Maksimal

Salah satu cara penyelamatan yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan di dapur yakni cuka putih.

Cuka putih bisa berperan memecah partikel minyak di lantai dapur sehingga bisa dengan mudah dibersihkan.

Campurkan cuka putih murni dengan air (perbandingan 1:5) kemudian semprot area lantai yang berminyak.

Setelah itu, lap area lantai dengan lap bersih atau spons. Ulangi langkah ini sampai area tersebut bisa benar-benar bersih.

Untuk mengecek tak ada lagi residu minyak yang tersisa, Anda dapat mengusapkan jari di lantai dan pastikan tidak ada minyak yang menempel di jari.

Baca juga: Ini 5 Keuntungan Memasang Keramik Dinding Dapur

Setelah Anda tahu minyaknya sudah hilang, lalu pel lantai dapur seperti biasa. Sebaiknya lakukan dua kali untuk berjaga-jaga jika ada cipratan kecil yang masih tersisa.

Ini harus dilakukan segera setelah Anda melakukan kegiatan memasak. Jangan menunggu! Bila dibiarkan, maka Anda atau orang lain dapat berjalan ke dapur dan menyebarkan minyak ke area yang lebih luas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com