Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Salah! Nih Bedanya AC Inverter dan AC Non-Inverter

Kompas.com - 05/06/2023, 07:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber My Voltas


JAKARTA, KOMPAS.com - AC telah menjadi kebutuhan dasar bagi rumah terutama yang berlokasi di daerah perkotaan yang padat penduduk.

Dewasa ini, terdapat dua jenis AC yang beredar di pasaran yakni AC inverter dan AC non-inverter. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Perbedaan utama antara AC inverter dan non-inverter terletak pada kecepatan kompresornya. AC inverter memiliki kompresor kecepatan variabel, sedangkan AC non-inverter memiliki kompresor kecepatan tetap.

Kompresor dengan kecepatan variabel lebih hemat energi daripada kompresor tetap. Karena itu, AC inverter tidak terlalu bising.

Baca juga: Tanda-tanda Kapasitas AC di Rumah Anda Terlalu Besar

Saat beroperasi, AC inverter dapat mengontrol kecepatan motor kompresor untuk mengatur suhu. Penggunaan saklar inverter juga memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal penggunaan daya.

Sementara itu, AC non-inverter masih menggunakan metode on/off, dimana kompresor dinyalakan dan dimatikan secara berkala untuk mempertahankan suhu yang diinginkan.

Cara kerja seperti ini menggunakan lebih banyak energi daripada inverter dan dapat mengakibatkan sistem AC menjadi lebih cepat rusak.

 

AC inverter juga lebih hemat energi daripada non-inverter karena dapat mengubah konsumsi daya tergantung pada seberapa panas suhu udara serta jumlah orang yang ada di dalam ruangan.

Perbedaan lain antara kedua jenis AC ini adalah refrigeran yang digunakan pada AC non-inverter mengeluarkan emisi berbahaya yang berdampak buruk bagi lingkungan.

AC inverter modern menggunakan zat pendingin yang efisien seperti R32 yang memberikan kapasitas pendinginan yang lebih baik dan juga memancarkan emisi yang lebih rendah.

Baca juga: Kenal Lebih Dekat Dengan Freon AC R22

Secara keseluruhan, AC Inverter jauh lebih hemat energi daripada non-inverter, bahkan besar penghematan listriknya bisa mencapai 30 persen.

Dengan banyak keunggulan yang ditawarkan, sudah saatnya Anda berinvestasi untuk membeli AC inverter untuk kehidupan yang lebih nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com