Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini Agar Cat di Lemari Minimalis Anda Bertahan Lama

Kompas.com - 30/01/2023, 18:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membuat lemari minimalis kayu yang ada di dapur Anda bertahan lebih lama adalah dengan mengecatnya.

Namun, mengecat lemari minimalis membutuhkan banyak kesabaran karena butuh waktu yang cukup lama dan perlu ketelitian.

Tidaklah cukup hanya mengecat lemari minimalis hanya untuk tujuan estetika. Semua orang pasti ingin cat yang sudah dipoles pada lemari bisa bertahan lama.

Baca juga: Untung Rugi Mengaplikasikan Cat Minyak pada Lemari Minimalis Kayu

Akan sangat mengecewakan setelah seluruh proses pengecatan, cat yang dipoles akan terkelupas beberapa bulan saja.

Untuk memastikan hal ini tidak terjadi, berikut adalah tips untuk membuat cat pada lemari dapur Anda bertahan lebih lama.

1. Persiapan menyeluruh

Mulailah dengan melepas semua komponen kabinet dan bersihkan secara menyeluruh sambil memastikan bahwa tak ada lemak dan debu yang menempel di permukaan.

Lepaskan gagang pintu, engsel, dan laci, untuk memastikan bahwa semua area akan terlapisi oleh cat. Tutup semua bagian yang tidak akan dicat menggunakan selotip.

2. Bersihkan lemari

Bersihkan lemari Anda secara menyeluruh sebelum mengaplikasikan cat yang baru. Gunakan amplas untuk membersihkan sisa minyak yang tertinggal di permukaan lemari, yang bisa menghalangi cat menembus jauh ke dalam kayu.

Setelah pengamplasan, bersihkan permukaan kayu secara menyeluruh untuk menghilangkan kemungkinan partikel debu bercampur dengan cat baru.

3. Gunakan primer

Cat dasar atau cat primer adalah aspek yang sangat penting dalam pengecatan yang menjamin daya tahan permukaan yang dicat.

Hindari membeli cat yang sudah dicampur dengan primer karena hasilnya tidak terlalu baik. Gunakan primer minyak dan cat karena bisa bertahan lama pada lemari.

Jika ingin mengubah warna lemari dari warna gelap ke warna terang, warnai cat dasar Anda agar menyatu dengan warna akhir.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Lemari Pakaian Minimalis Perlu Memiliki Pintu

4. Pilih cat berkualitas

Kualitas cat yang bagus menjamin hasil yang lebih baik dan tidak menunjukkan tanda-tanda mengelupas retak atau pudar dalam waktu dekat.

Dengan menggunakan kuas cat berbulu halus, aplikasikan dua lapis cat ke seluruh permukaan lemari.

Terlepas dari jenis cat yang gunakan, disarankan agar ventilasi di ruangan yang akan dicat cukup agar sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Untuk tujuan keamanan, selalu kenakan alat pelindung seperti sarung tangan dan masker saat mengecat.

5. Tambahkan clear coat

Setelah melalui seluruh proses pengecatan, disarankan untuk mengaplikasikan clear coat sebagai sentuhan akhir pada permukaan yang akan dicat.

Sisihkan setidaknya satu hari untuk mengecat lapisan tersebut karena akan membuat permukaan lemari lebih kuat dan tahan lama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com