Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Untung Rugi Mengaplikasikan Cat Minyak pada Lemari Minimalis Kayu

Kompas.com - 24/01/2023, 10:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan lemari minimalis kayu yang sudah lawas terlihat baru.

Salah satu caranya dengan mengaplikasikan cat berbahan dasar minyak pada permukaan lemari minimalis kayu.

Karena ketahanannya, cat minyak sangat direkomendasikan digunakan pada permukaan lemari minimalis kayu, terutama yang ada di dapur yang lembab.

Cat berbahan dasar minyak, terkadang juga disebut cat alkid, adalah salah satu cat yang paling tahan lama.

Baca juga: Ini Alasan Anda Wajib Membeli Lemari Minimalis Berbahan Stainless Steel

Tak hanya tangguh menghadapi area dengan kelembaban tinggi dan infeksi jamur, cat ini juga tidak mudah pecah atau tergores.

Cat minyak dapat diaplikasikan pada berbagai jenis material dan bisa melekat dengan baik. Hal tersebut karena cat minyak bersifat menjenuhkan permukaan berpor.

Waktu pengeringan lapisan cat minyak cukup lama bahkan bisa mencapai hingga 24 jam, tergantung tebal tipisnya cat yang diaplikasikan.

Meskipun demikian, permukaan yang telah dilapisi oleh cat minyak akan sulit dicat kembali dengan cat berbahan dasar air karena sulit menempel.

 

Jadi, sekali mengaplikasikan cat minyak pada suatu permukaan maka Anda akan kesusahan menggantinya dengan tipe cat lain yang kekentalannya lebih rendah.

Dari deretan keuntungan yang ditawarkan, harga cat berbahan dasar minyak di pasaran cukup mahal dibanding tipe cat lainnya.

Baca juga: Selain Murah, Ini Keuntungan Punya Lemari Minimalis Berbahan Plastik

Belum lagi cat jenis ini memiliki kadar VOC yang tinggi sehingga membutuhkan banyak ventilasi agar ada sirkulasi udara yang lancar.

Cat minyak juga tidak bisa diencerkan dengan air biasa namun harus menggunakan tiner, yang juga memiliki harga yang cukup mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Spruce


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com