Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Mudah Menghadirkan Tanaman Dalam Desain Rumah Minimalis

Kompas.com - 28/09/2022, 18:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Desain rumah minimalis yang diberikan sentuhan tanaman ternyata bisa menampilkan estetika yang menyejukan mata.

Bila selama ini, desain rumah minimalis dikenal sebagai gaya desain yang kaku, maka unsur tanaman akan mengubah tampilan rumah secara instan.

Journal of Environmental Psychology melaporkan bahwa kehadiran tanaman dalam ruangan dapat meningkatkan fokus seseorang. Karena itu, tanaman merupakan fitur sempurna terlebih bila dalam desain rumah minimalis Annda memiliki ruang kantor.

Baca juga: Cara Tepat Menata Taman Depan Rumah Minimalis

Meskipun demikian, bila tidak ditempatkan dengan bijaksana kehadiran tanaman justru membuat rumah terlihat berantakan dan tidak sesuai dengan konsep hunian minimalis.

Berikut tigalangkah strategis untuk mengintegrasikan tanaman hijau ke dalam desain rumah minimalis dan tetap menawan.

Buat taman vertikal

Ilustrasi taman vertikal di rumah minimalisShutterstock Ilustrasi taman vertikal di rumah minimalis

Taman vertikal sangat cocok untuk mencerahkan desain rumah minimalis dan tampak seperti sebuah karya seni.

Karena hanya memakan sedikit ruang di dinding taman vertikal memungkinkan Anda bisa meningkatkan kualitas udara tanpa menghabiskan ruang.

Tempatkan terrarium

Ilustrasi terarium, tanaman di dalam terarium. SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi terarium, tanaman di dalam terarium.

Terarium kaca memungkinkan Anda untuk menempatkan tanaman hijau tanpa mengganggu dengan pot bermotif yang terlihat besar.

Terrarium biasanya berisi tanaman-tanaman mungil sehingga dapat menambahkan sentuhan hijau ke sudut mana pun yang Anda inginkan.

Baca juga: 5 Langkah Mudah Ciptakan Dapur Fungsional untuk Rumah Minimalis Idaman

Maksimalkan tampilan dengan cermin

Ilustrasi cermin di ruang tamu sempit untuk memberi kesan lapang. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi cermin di ruang tamu sempit untuk memberi kesan lapang.

Cermin memakan sedikit ruang tetapi dapat memperbesar elemen bunga atau tanaman dalam pantulannya. Tempatkan bunga dan tanaman di dekat cermin untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Pertahankan konsep desain rumah minimalis Anda dengan menggunakan cermin bergaya netral, dan biarkan tanaman dan bunga menjadi warna yang menonjol di ruangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com