Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara Bikin Rumah Nyaman Ditinggali Saat Suhu Udara Dingin

Kompas.com - 18/07/2024, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini sejumlah wilayah di Indonesia diterpa suhu udara dingin musim kemarau, terutama saat malam hari.

Ketika terjadi cuaca seperti ini, masyarakat tentu ingin membuat rumah senyaman mungkin sebagai upaya melindungi diri dari udara dingin.

Co-CEO dan Co-Founder Gravel, Georgi Ferdwindra Putra mengatakan, perubahan suhu dapat berdampak pada kesehatan dan kenyamanan penghuni jika tidak ditangani dengan benar.

"Udara dingin yang berlebihan dapat membuat keluarga di rumah kedinginan, terkena flu, ISPA, alergi, dan penyakit terkait lainnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (18/7/2024).


Untuk menghadapi perubahan cuaca ini, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan masyarakat untuk memastikan rumah tetap aman dan nyaman dari udara dingin:

1. Isolasi Rumah

Pastikan rumah memiliki isolasi yang baik, terutama pada dinding, atap, dan lantai. Isolasi yang baik akan mencegah udara dingin masuk dan udara hangat keluar dari rumah. Periksa celah dan retakan di dinding, jendela dan pintu yang memungkinkan udara dingin masuk. Jika ada, segera tutup dengan lapisan isolasi atau sealant.

Baca juga: Benarkah Apartemen Lebih Diincar ketimbang Rumah Tapak?

2. Periksa Atap dan Talang

Pastikan atap dan talang dalam kondisi baik untuk mencegah kebocoran yang dapat memperburuk kondisi rumah saat cuaca dingin. Periksa dan perbaiki atap segera jika ada kerusakan.

3. Gunakan Tirai Tebal

Tirai tebal dapat membantu menahan udara dingin yang masuk melalui jendela. Tutup tirai pada malam hari atau saat cuaca sangat dingin untuk menjaga kehangatan di dalam rumah.

4. Perhatikan Ventilasi

Buka jendela atau pintu sebentar pada pagi hingga siang hari saat cuaca sedikit lebih hangat untuk membiarkan udara segar masuk. Meskipun penting untuk menjaga rumah tetap hangat, ventilasi tetap diperlukan untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan.

5. Jaga Kelembapan

Udara dingin cenderung kering, sehingga dapat menyebabkan masalah pernapasan dan kulit kering. Jika perlu, gunakan humidifier untuk menjaga kelembapan udara dalam ruangan dan menjaga kesehatan pernapasan.

6. Pemanas Ruangan

Jika diperlukan, gunakan pemanas ruangan untuk menghangatkan ruangan. Pilih pemanas yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran ruangan Anda untuk efisiensi yang lebih baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau