Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Anda Sering Didatangi Koloni Semut? Begini Cara Mengusirnya

Kompas.com - 29/08/2021, 15:00 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Insider

JAKARTA, KOMPAS.com - Apakah rumah Anda sering didatangi koloni semut? Koloni semut akan keluar dari sarangnya untuk mencari makan, terutama pada musim hujan dan ketika ada makanan manis berceceran atau minuman yang tumpah di lantai.

Anda telah berupaya untuk menyingkirkannya dengan memakai semprotan dan kapur anti-serangga. Tetapi, keesokan harinya, mereka muncul lagi.

Apabila terlalu sering memakai penyemprot anti-serangga, berpotensi membuat kesehatan Anda terganggu, karena kandungan dari bahan pengusir serangga ini mengandung racun.

Baca juga: Pandan dan Sirih Ampuh Usir Serangga, Semut dan Kecoa Pun Lari

Lalu, bagaimana mengusir koloni semut agar tak datang kembali tanpa harus menyemprotkan pembasmi serangga ke seluruh ruangan?

Dilansir dari Insider, Minggu (29/8/2021), berikut beberapa metode untuk mengusir semut dari rumah Anda.

1. Minyak esensial

Cara kedua, Anda dapat mengolesi atau menyiram dengan minyak alami seperti minyak esensial peppermint dan lavender untuk mengusir hama kecil dari titik semut itu muncul atau langsung pada sarangnya di rumah daripada membunuh koloninya.

2. Selai kacang dan madu

Jika telah menghilangkan semua sumber makanan dan titik masuk semut di sekitar rumah, Anda dapat membujuk semut yang tersisa untuk meninggalkan rumah dengan meletakkan umpan seperti selai kacang atau madu di luar rumah.

3. Tanah diatom

 

Tanah diatom terlihat seperti bubuk putih, terbuat dari zat alami fosil alga yang disebut diatom.

Tanah tersebut tidak beracun dan alami untuk menghilangkan semut dan serangga merayap lainnya.

Oleskan sekucupnya tanah diatom di area yang terdapat gerombolan semut. Tanah diatom kemudian akan menempel pada semut, mengeringkan kerangka luarnya, dan mengusirnya.

4. Boraks

Boraks juga dikenal sebagai natrium borat ialah mineral alami yang akan membunuh semut yang menelannya.

Campurkan boraks dengan air dan gula dengan perbandingan yang sama untuk membuat sirup, dan mengoleskannya di sudut tempat Anda melihat semut.

Cara ini akan berhasil mengusir seluruh koloni dalam waktu kira-kira 24 hingga 48 jam, karena semut pekerja akan membawa cairan itu kembali ke sarangnya.

Perlu Anda tahu bahwa boraks dapat menyebabkan iritasi pada hewan peliharaan, jadi jauhkan boraks dari jangkauan anak-anak dan hewan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Insider
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com